Dok. Foto: Pressrelease.kontan.co.id
0
179

Kenalkan Powerace Triex, Motor Listrik Roda Tiga Buatan Indonesia Lho

Powerace memamerkan motor listrik roda tiga dengan aplikasi bak di belakangnya pada IEMS (Indonesia Electric Motor Show) 2023 di Bogor. Motor roda tiga tersebut diberi nama Triex.

Jika dilihat, bentuknya mirip dengan motor bak yang banyak beredar tetapi yang ini lebih ramah lingkungan karena nol emisi. Kehadiran Triex di IEMS cukup memberikan gebrakan dan memikat minat banyak orang.

Meski bentuknya jamak seperti motor roda tiga lainnya, tetapi ada perbedaan cukup signifikan. Yakni tidak adanya mesin dan tangki bahan bakar yang biasanya cukup mencolok pada motor konvensional. Tampilan Triex pun cukup mencolok karena bagian tersebut diganti dengan tameng khusus untuk melindungi pengendara.

Untuk bagian tengah ke belakangnya, diisi dengan bak yang bisa menampung berbagai macam barang bawaan. DI bawah bak ini juga terdapat baterai berukuran 60V 46Ah. Baterai ini dihubungkan ke dinamo yang terletak di belakang dengan tenaga 3kW tersambung ke diferensial yang menggerakkan roda belakang.

Motor roda tiga ini ternyata dibuat sangat nyaman untuk berkendara. Pasalnya, pengendara bisa duduk rileks dengan sandaran. Posisi tangan cukup santai, selain itu dek untuk kaki juga sangat lega. Di dek, terdapat pijakan untuk rem kaki dan di sebelah kiri ada tuas rem tangan.

Instrumennya sudah digital dan terletak di bagian tameng. Beberapa instrumennya antara lain penunjuk kecepatan, mode berkendara, hingga posisi gigi.

Motor ini terbilang cukup kuat. Karena kombinasi antara baterai dan dinamonya mampu membuat Triex menghasilkan kecepatan maksimum 50 Kpj dalam kondisi tanpa beban. Untuk kemampuan angkutnya, bisa membawa hingga 500 kg di baknya. Sangat cocok untuk petani atau penjual yang membutuhkan motor angkut yang kuat.

Kemampuan motor ini tak cuma sampai di situ, Powerace juga mengklaim Triex mampu menempuh jarak 60 km dengan kecepatan maksimumnya. Untuk pengisian dayanya sangat mudah yaitu dengan charger 10A yang memerlukan waktu lima jam.

Untuk bagian kaki-kakinya, Triex menggunakan pelek berukuran 12 inci. Bagian suspensi depannya menggunakan teleskopik, sementara suspensi belakangnya menggunakan model per daun yang kuat, menyesuaikan dengan kebutuhan Triex.

Kekurangan dari motor ini dibandingkan dengan motor lain di kelasnya mungkin pada daya angkutnya yang cukup jauh di antara lainnya yang mampu membawa barang hingga 800 kg. Tapi tentu saja ini merupakan keputusan dari Powerace agar Triex tak perlu menggendong baterai terlalu besar sehingga bisa tetap nyaman digunakan.

Motor ini dibanderol harga Rp70 juta. Harga ini sudah termasuk dengan garansi baterai satu tahun. Tertarik memilikinya?