0
1372

Macau GP 49th, Peter Hickman Menangkan Balapan Berbahaya

GILAMOTOR.com – Sirkuit Monaco jadi sirkuit jalan raya paling dikenal dan Isle of Man TT disebutkan sebagai ajang balap paling berbahaya di dunia.

Tapi ada satu balapan di tanah Asia yang tak kalah berbahaya dari Isle of Man TT. Bahkan mungkin balapan ini lebih berbahaya dari Isle of Man TT. Pasalnya, balapan dengan motor super kencang ini digelar di jalan raya yang sempit.

Yaa, Macau Grand Prix. Balapan itu dilakukan di jalan raya di sebuah kawasan administratif khusus Tiongkok (Cina) yang dihelat sejak 1930-an. Sirkuit itu dikenal sebagai sirkuit Guia.

Penyelenggaraan balapannya berbarengan dengan festival otomotif yang tak hanya menyugukan tontonan balap penuh adrenalin, tapi juga menyuguhkan pemandangan kota dan budaya yang memesona.

Meski punya karakter sirkuit yang sempit, jalan bergelombang dan di sisi kiri – kanan jalan dibatasi pagar, tapi di sirkuit ini digelar dua jenis balapan, balap mobil dan motor. Balapannya sendiri dihelat setiap bulan November tiap tahunnya.

Dari sirkuit sempit dan menantang ini, banyak pebalap terkenal kelas dunia mengawali karirnya di balapan ini.

Balapan ini memang mengerikan. Melihat hasil jepretan photographer profesional Tony Goldsmith, terbayang begitu berhayanya sirkuit ini. Tak ada kerb, tak ada gravel yang ada dinding pengaman jalan raya yang jaraknya sangat-sangat dekat. Tak ada peredam atau penghabat laju motor saat tergelincir.

Di balapan Macau GP ke-49, Peter Hickman sukses meraih kemenangan setelah di debutnya tahun lalu dia mengalami kecelakaan. Ia tak bisa mengikuti balapan karena motornya hancur berantakan.

Macau-Grand-Prix-2015-Tony-Goldsmith-1045 Macau-Grand-Prix-2015-Tony-Goldsmith-1287 Macau-Grand-Prix-2015-Tony-Goldsmith-1600

Photos: © 2015 Tony Goldsmith