0
947

Safety Defensive Riding, Safety Starts With Me

GILAMOTOR.com – Tingginya angka kecelakaan dan pelanggaran rambu lalu lintas oleh pemotor semakin memprihatinkan. Apalagi angka kecelakaanya, setiap tahunnya terus meningkat seiring banyaknya pengguna motor di jalan raya.

Berbagai cara dilakukan untuk menekan angka kecelakaan. Salah satunya dengan pelatihan berkendara aman atau safety riding. Bukannya hanya oleh pemerintah dan kepolisian, perusahaan dan seluruh lapisan masyarakat pun turut mengkampanyekan program safety riding.

Seperti yang dilakukan PT Wanaha Makmur Sejati [WMS] selaku main dealer motor Honda wilayah Jakarta Tangerang. Tim Safety Riding Promotion [SRP] WMS turut bebagi pemahaman safety riding bertajuk “Safety Defensive Riding, Safety Starts With Me”. Honda dan WMS melibatkan karyawan PT Rentokil Initial Indonesia seluruh Indonesia sebagai peserta seminar tersebut pada (27/09) di Gedung Jakarta Design Center (JDC) Petamburan, Jakrta Pusat.

Sosialiasi bertema “Seminar Safety Riding Berkendara Nyaman dan Aman Serta Sosialisasi Undang-Undang Lalu Lintas Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan” tersebut diikuti 250 peserta dari karyawan PT Rentokil seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan Dikyasa Polda Metrojaya AKP Endah dan Safety Riding Promotion Head Tony Purnama,. Mereka hadir sebagai pembicara dalam sesi tanya-jawab mengenai keselamatan berkendara dan undang-undang lalu lintas.

Kompol Warsinem  menilai tingginya angka kecelakaan lalulintas disebabkan karena tidak patuhnya pengendara pada undang-undang dan rambu-rambu lalu lintas. “Oleh karena itu, saya berharap, orang-orang yang sudah mendapat edukasi dari seminar ini dapat menjadi pelopor keselamatan berkendara, karena keselamatan berkendara itu dimulai dari diri sendiri,” tukasnya.

Acara Semakin lengkap dengan hadirnya beberapa instruktur yang akan mengedukasi peserta tentang keselamatan berkendara dan mempraktekkan cara berkendara yang benar.

Rangkaian acara diawali dengan materi safety riding oleh instruktur safey riding dari PT WMS. Setelah itu, acara dilanjutkan oleh Kompol Warsinem  yang memberikan materi tentang pentingnya undang-undang lalu lintas dan pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Safety Riding Promotion Head WMS Tony Purnama menegaskan, seminar ini bertujuan memberikan pemahaman cara berkendara yang aman serta undang-undang lalu lintas berkendara yang baik dan aman saat di jalan rayasehingga kecelakaan saat berkendara dapat dihindarkan. “Antusias peserta sangat baik karena hampir sebagian beserta peserta seminar pengguna setia roda dua untuk setiap aktifitas,” lanjut Tony

Setelah itu, ada sesi tanya jawab. Terakhir, acara ditutup dengan praktek safety riding di riding test sircuit yang sudah di siapkan di halaman PT Rentokil.