14
2869

Hobby Motor : Wajib Berbahasa Indonesia

Bahasa Inggris memang telah ditetapkan sebagai bahasa internasional. Satu bahasa untuk seluruh negara di dunia. Namun rasanya itu tak berarti bagi H. Sofyan Ibrahim, sang pemilik show room motor CBU Hobby Motor di Jl. Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Bisnis yang berhubungan dengan berbagai kalangan dari berbagai negara di dunia yang dilakoninya, tak menuntut diri dan karyawannya menggunakan Bahasa Inggris. Malahan H. Sofyan mewajibkan seluruh karyawannya menggunakan bahasa Indonesia.

Tak hanya di Hobby Motor, Ogiyama Co, Ltd.  salah satu dari perusahaan rekanannya di Jepang, mewajibkan seluruh karyawannya menggunakan bahasa Indonesia. Terutama saat dirinya berkunjung ke Jepang.

Tak hanya Jepang, rekanan bisnisnya dari negara-negara Eropa dan Amerika pun harus menggunakan bahasa Indonesia saat berhadapan dengan dirinya.
“Saya tak perduli mereka suka atau tidak, jika mereka mau berbisnis dengan saya, ya gunakan bahasa Indonesia. Bukan saya tak bisa bahasa Inggris, tapi saya orang Indonesia dan saya bangga menggunakan bahasa Indonesia. Saya tak mau dijajah lagi melalui bahasa, mereka yang harus mengikuti saya, bukan saya yang mengikuti mereka,” paparnya.

Tak banyak orang Indonesia memperlakukan rekan bisnisnya dari negara luar seperti yang dilakukan H. Sofyan. Namun biar bagaimana pun, langkah yang dilakukan H. Sofyan merupakan hal yang luar biasa. Bangga dengan bahasa Negeri Sendiri, Bahasa Indonesia.

Hobby Motor 1Hobby Motor 2

14 COMMENTS

  1. kalo punya 10 jempol saya kasih semuanya deh buat Pa Haji….

    emang harus dikampanyekan tuh “cinta bahasa indonesia”

  2. Selain CBU juga menjual produk (merek) sepedamotor Indonesia seperti Bembie.

    Kalau belum ada bagaimana kalau kita buat sepedamotor di Indonesia dengan merek Indonesia.

    Sekali lagi salam Indonesia Jaya

  3. salut untuk bapak,biarin mereka belajar juga bahasa kita, jangan kita aja yg belajar bahasa mereka.