32
3499

Honda Astrea Grand : Biar Cungkring Tapi Modis

Terbuang Jadi Yang Tersayang
Nyaris dikiloin. Itulah kalimat yang keluar dari mulut Irul, warga Pengasinan Sawangan, Depok. Setelah beberapa bulan tak terawat dan hanya ngejogrok di samping rumah dengan selumut terpal biru, Honda Astrea Grand ini hanya tinggal menunggu waktu untuk musnah.
“Nih motor emang gak keurus. Udah sekitar 2 bulanan ada di samping rumah dengan kondisi yang memprihatinkan,” papar lelaki yang kerap disama Mamang ini.
“Gara-gara beli motor baru, Astrea Grand ini jadi gak gw lirik lagi. Males aja nungganginnya, gak ada larinya.”
Namun gara-gara ngeliat maraknya modifikasi motor, dirinya mencoba mencari rumah modifikasi yang tak jauh dari rumahnya. Dan tentu saja yang menjadi pertimbangan utama adalah biaya yang murah.
“Niatnya gw mau jual tuh motor, kalo gak ada yang mau yah gw kiloin aja. Udah punya motor baru ini pikir gw.”
“Tapi gw pikir-pikir lagi rasanya sayang juga kalo dijual, apalagi dikiloin harganya paling berapa duit sih. Akhirnya gw modif aja nih motor. Modif dengan gaya apa aja, yang penting beda dari aslinya,” tambahnya.
Untuk urusan rubahan Astrea Grand lansiran 1997 ini akhirnya diserahkan ke bengkel Satu Hati Motor Community di Jl. Pengasinan Sawangan, Depok. Yang kebetulan memang tak terlalu jauh dari rumahnya.
Masalah detil spesifikasi, Irul tak banyak bicara banyak. Alesannya gak tau soal modifikasi, yang penting motornya bisa berubah jauh lebih baik dari sebelumnya.
“Gw gak tau lah ini modifikasi apa, yang jelas gayanya kayak chopper dan ada kesan retronya. Biayanya juga gak mahal, Cuma 3 jutaan. Sekarang justeru gw lebih sering naik nih motor kalo cuma jarak dekat dan setiap week end. Lebih gaya dan bisa jadi pusat perhatian,” pungkasnya sambil tertawa.
Data Spesifikasi
Mesin : Astrea Grand 97
Karburator : RX-King
Lampu Depan : After Market
Stang : Custom SHMC
Cat : Candy
Ban Depan : IRC 17-225
Ban Belakang : IRC 17-275
Satu Hati Motor Community

Semua berjalan begitu saja, tanpa ada pikir panjang bakal seperti apa nantinya wujud motor Honda Astrea Grand lansiran 97 ini saat masuk bengkel modifikasi Satu Hati Motor Community (SHMC) di Jl. Raya Pengasinan Sawangan, Depok. Niatan untuk merestorasi Astrea Grand seolah musnah karena rasa bosan dengan tampilan lamanya.

Johan yang juga juragan bengkel SHMC ini mengaku bosan dengan tampilan lamanya. Berhubung sang juragan juga penggemar motor-motor bergaya chopper, rubahan pada Astrea Grand ini pun bergaya layaknya sebuah chopper.

“Kebetulan emang gw udah bosen sama tampilan lama Grand ini, gw rombak aja sekalian bareng temen-temen gw dengan memadukan konsep chopper, style dan retro,” jelas lelaki yang akrab disapa Acong ini.

Untuk menghadirkan kesan modis, warna biru dengan cat candy tone menjadi pilihan pembalut tubuh Grand ini. Sementara untuk menghadirkan kesan retro, penambahan white wall ban depan dan belakang juga tak ketinggalan. Termasuk pemapasan bodi belakang sehingga terlihat lebih pendek.

“Intinya gw cuma pengen nih motor terlihat bebeda aja. Gak kaya aslinya yang udah mulai gak sedap diliat,” tambahnya.

Hal serupa diakui Irul, rekan satu bengkel Acong yang juga turut dalam proses bedah Astrea Grand ini. Setelah nih motor berubah wujud, Grand ini malah jadi rebutan sebagai motor operasional bengkel.

“Waktu masih wujud aslinya sih boro-boro ada yang ngelirik, maling aja kayaknya segen deket-deket nih motor. Tapi begitu dah berubah wujud, malah jadi rebutan temen-temen, terutama saat week end. Biar bodinya jadi sedikit cungkring, tapi lumayan buat mejeng karena bisa jadi pusat perhatian cewek-cewek,” terang lelaki yang akrab disapa Mamang ini.

Bicara masalah dana rubahan Astrea ini, acong hanya menggelontorkan dana sebesar Rp 3 juta perak saja.

Bengkel : Satu Hati Motor Community 021 97991179

32 COMMENTS

  1. tp lebih sip lg kl tu kabel2 d umpetin di dalam batang stang lebih kliatan bersih bro…

  2. sumpah gila banget brow gue mau ding dikasih tips ma loe karna gue punya grand 95 tp masih kurang sentuhan seniman.