6
2311

Chicane Saddle : Jok Keren Buat Balapan

Selama hampir satu abad lamanya kursi sepeda motor telah hadir dengan berbagai kemajuan kecil baik dari segi disain dan fungsi. Namun siapa yang memikirkan komponen satu ini lebih jauh untuk mendapat sentuhan khusus. Sementara kemajuan teknologi motor, disain bodi dan lain sebagainya bergerak begitu cepat, sementara yang namanya sadel atau jok tetap saja seperti itu adanya. Hanya ukuran dan bentuknya saja yang sedikit berubah.

Kini ada orang-orang yang mau memikirkan hal itu dan memberikan sedikit sentuhan teknologi pada komponen yang namanya jok. Adalah  Brit Brothers, sebuah pusat disain asal Inggris yang kini menghadirkan setuhan baru pada sebuah jok motor balap dengan nama Chicane saddle.

Jok dari bahan busa berkualitas yang terbungkus bahan vinil ini didisain untuk memberikan fungsi yang lebih baik saat pembalap bermanuver di tikungan. Sekilas disainnya seperti kursi roda dimana setiap bagian dari jok ini dapat berputar karena tekanan barat badan dan mengikuti gerak tubuh sang pembalap. Hal ini memudahkan pembalap untuk menikung dan lurus kembali tampa harus mengangkat bokongnya untuk kembali keposisi normal.

Brit Brothers mendisain jok ini dengan serangkaian rol yang terhubung melalui gear dan sistem poros. Seperti dikutip dari Gizmag, Brit Bros mengatakan jok ini juga dapat memperbaiki sisi aerodinamis dan konversi energy pembalap yang biasanya berkurang saat pembalap bermanuver ditikungan.

Menurut Brit Brothers selama balapan berlangsung, pembalap menggunakan energy yang sanagat berharga untuk menindahkan berat badan mereka ke sudut jok. Akibatnya pembalap menjadi semakin lelah dan pegal. Dengan Chicane saddle ini yang memanfaatkan beberapa roller dibagian dalam yang terlapis sabuk bergerigi, dapat membantu transfer berat badan saat membentuk sudut ditikungan hingga 20 persen dan memudahkan pengembalian posisi duduk tanpa harus mengangkat bokong. Hal ini terjadi berkat bantuan sistem recoil yang bekerja sesuai pengaturan.

6 COMMENTS

  1. When reading this post it reminded me of something I read the other month in a Website, would there be any chance I could have the authors email address, Super blog thanks for the infomation.