33
5268

Yamaha Byson : 20 Ribu Unit Saja

GilaMotor, JAKARTA.- Tingginya antusiasme masyarakat pada motor sport Yamaha Byson, membuat PT. YMKI merasa perlu untuk melakukan manuver penjualan lebih cepat dari yang dijadwalkan.

Kendati direncanakan baru akan diliris secara resmi pasca lebaran 2010 mendatang, tapi sejak kemarin (13/8) PT. YMKI sudah membuka pemesanan untuk memberikan kesempatan bagi 200 orang yang ingin menjadi pemilik pertama Yamaha Byson.

“Kita melihat antusiasme masyarakat terhadap Byson sangat tinggi, karena itu kita merasa perlu memberikan jawaban atas penantian masyarakat yang selama ini sudah rela menunggunya,” jelas GM Promotion and Motor Sport Division, Paulus S. Firmanto kepada GilaMotor.com (13/8).

Strategi marketing Yamaha ini memang patut diacungkan jempol. Ketika Honda baru saja melepas motor sportnya New Mega Pro yang diklaim AHM sebagai real street fighter, Yamaha justeru memberikan pilihan lain kepada masyarakat dengan memberikan kepada 200 pemesan pertama untuk mendapatkan Byson yang dilakukan secara on line di situs resmi Yamaha.

Langkah ini sangat jelas terlihat sebagai penetrasi Yamaha pada mind set masyarakat agar tak lekas terlena dan melupakan sosok Byson yang telah ditunggu lebih setahun lamanya. Dan tentunya untuk mengusik keberadaan New Mega Pro agar tak terlalu banyak mencuri hati konsumen motor sport Indonesia.

Penampakan wujud Byson sesungguhnya sudah lebih dari setahun lalu. Namun baru saat ini YMKI benar-benar memberikan kepastian akan hadirannya Byson.

Menurut YMKI, alasan lamanya kehadiran Byson karena banyak perubahan yang harus dilakukan pada motor sport yang mengambil basis dari FZ16 yang diluncurkan di India. Hal ini tentunya untuk menyesuaikan karekter dan selera masyarakat Indonesia yang jelas jauh berbeda dengan masyarakat India.

“Kita sih bisa saja luncurin motor ini cepat, tapi kita nggak mau nantinya ada komplain ini itu karena kualitas atau apapun itu yang membuat kecewa konsumen Yamaha. Jujur kami sebenarnya takut karena ekspektasi masyarakat terhadap Byson sangat tinggi, karena itu kita tak mau main-main dengan kualitas agar hasilnya tak mengecewakan,” kata Paulus.

Setalah pemesanan secara online ini dibuka, YMKI mengaku telah menerima lebih dari 100 pemesan yang terdaftar dalam data base formulir pemesanan online. Bahkan kata Paulus, saking membludaknya pengunjung situs resmi Yamaha untuk memesan Byson secara on line, situs Yamaha sempat macet hingga penambahan bandwidht pun dilakukan.

“Setalah satu jam pemesan yang terdaftar sudah menembus angka 121 nama pemesan. Bahkan saking membludaknya pengunjung situs yang mengakses dalam waktu bersamaan, situs sempat macet hingga bandwidht diperbesar,” papar lelaki dengan pototongan rambut rapih ini.

Strategi Yamaha ini tentunya akan diikuti dengan  langkah-langkah kongkrit lainnya guna memperkuat promosi yang dilakukan untuk Byson. Hal ini dilakukan untuk menyambung informasi tenatang sosok Byson sampai motor sport bergaya moge street fighter ini benar-benar diluncurkan.

Masalah jumlah penjualan, Yamaha tak menargetkan terlalu tinggi untuk Byson. Hingga akhir 2010, Yamaha yakin akan membukukan penjualan mencapai angka 20.000 unit.

“Harga memang belum ditetapkan, tapi kami usahakan akan berada dibawah angka Rp 20 juta. Untuk target penjualan kita tak terlalu tinggi menentukan angkanya, hingga akhir tahun 2010 sekitar 20.000 unit saja,” pungkas Paulus.

naskah/foto : Jay

33 COMMENTS

  1. strategi sih mantap, tapi itu jg membuktikan bahwa ymkx juga takut dgn nmp ini,buktix ngajak test ride tabloid terkenal,lalu inden online.

  2. Kelebihan :
    – Body “GARANG” gaya BUEL
    – Monoshock
    – Digital Speedometer
    – Gaya Lampu ciri khas moge gaya Buel

    Kekurangan :
    – Shock depan gak sesuai gaya, mustinya upside down
    – Ban juga kurang gedhe
    – CC masih tanda tanya
    – Power juga tanda tanya
    – belum cakram belakang
    – Rangka kok pakenya pola diamond bukan deltabox
    – rasanya masih banyak tanda tanya dah…..

  3. tampilan garang tapi cc kurng gede .. Sob klO mo bli takometer nya aja bisa ga ya .. Klo ga yang fazer 250 2010 .. ?

  4. nice article…
    kok tagline gila motor dengan warna emasnya enak dilihat pas nabrak body motornya?
    ..ngarep…

  5. rela deh jual motor yang sekarang buat dapetin byson harga brubah2 gak nih,jng-jgn bayak peminat harga ikut naik,ma aja bohong…syukur masih bisa turun tul gak wkkkkkkkkkkkk…..

  6. KL MENURUT GW KEKURANGANNYA CC KURANG GEDE (G MANTAP ACHH,…NANGGUNG) 7 REM BELAKANG MSH TROMOL !!!KNP GA SEKALIAN CAKRAM….YMKI TOLONG DONG DGR MASUKAN GW INI…

  7. gua kgk jadi deh pesen, pas ponakan gue beli Byson desain sih boleh tapi koq motornya jadi kyk motor krupuk gini. gmn sih YAMAHA!!

  8. I used to be very happy to find this internet-site.I needed to thanks to your time for this excellent learn!! I definitely enjoying each little little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you blog post.

  9. doubt on the credibility, as well as the purchaser might be guaranteed of good top quality, as well as original goods.While in thecome to a decision which site is good and well worth the cost, maintaining in mind the price from the solution, transport charges,a lot less expensive costs. They enable ladies to increase their collections of designer bags with no owning to present far tooat factory price ranges.Also, you can browse solution descriptions at leisure, converse to folks for the on-linepurchases products from the Chanel on the web retail store as opposed to an genuine outlet for the reason that the website itself states the Beats By Dre free delivery facility for all items, throughout the globe.It may possibly be doable sometimes that you uncover evenless costly than that which you may perhaps get them for at a retail retailer. Is There a Chanel Bags On the net Shop You’ve got aChanel bags. Odds are which you will uncover great reductions with these sellers. Although, you may need perform a littlesites in addition where the sellers offer their bags towards the web site business office. The persons from the web page thenincluding people developed by Chanel. In almost any situation, this sort of internet sites really are a fantastic and affordable option to