Berita

Thursday, 11/11/10 | 12:11 WIB

JJ Airbrush : Dari Produsen Motor Sampai Kulkas

JJ Airbrush : Dari Produsen Motor Sapai Produsen Kulkas
Jika dilihat dari lokasi bengkel airbrush yang satu ini, siapa sangka jika klien-kliennya adalah raksasa industri motor di Indonesia. Wajar, karena posisinya sendiri berada di pinggir jalan yang agak menyempit di bilangan Matraman, Jakarta Timur.
Ya, jika dilihat dari luar memang tidak terlalu mentereng kalau bengkel spesialis airbrush ini memiliki klien langganan dari brand raksasa otomotif roda dua di Indonesia. Tapi jika Anda bisa menyusup lebih dalam lagi tentang kisah dan kiprah bengkel yang digawangi oleh Jaedun Muchtar ini, Anda akan menemukan nama ATPM sekelas PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia dan PT. Astra Honda Motor dalam daftar buku kliennya.
Menurut juragan muda ini, bengkel yang diasuhnya pernah mengerjakan 80 unit Honda Revo untuk display pada perhelatan Pekan Raya Jakarta beberapa tahun lalu.
“Kalau dengan ATPM Yamaha, kita memang tidak berhubungan langsung, tapi melalui vendornya dibilangan Citeureup, Bogor. Terakhir Yamaha mau mengerjakan Mio dengan Airbrush batik, tapi batal. Nah, kalau sama AHM kita pernah buatkan 80 unit motor Honda Revo bergaya tim Repsol Honda untuk display di PRJ,” kata lelaki yang akrab disapa JJ ini.
Bengkel yang berdiri sejak 2006 silam ini, awalnya hanya sebuah bengkel kecil di halaman rumah yang dibeli dari hasil jerih payahnya selama 10 tahun bekerja di Jakarta. Namun seiring meningkatnya jumlah konsumen, JJ mulai berbenah mencari lokasi yang lebih layak.
“Disamping banyaknya konsumen yang membutuhkan tempat lebih besar, usaha airbrush di rumah juga tidak baik bagi perkembangan dan kesehatan anak saya,” ungkap pengusaha muda ini.
“Awal berdiri paling hanya 4 sampai 7 motor tiap bulannya. Tapi sekarang bisa sampai 30 motor tiap bulan,” tambah nya.
Seiring peningkatan jumlah konsumen, JJ pun mulai memperkuat bengkelnya dengan penambahan awak bengkel menjadi 9 orang. Padahal sebelumnya JJ hanya diperbantukan oleh 2 orang saudaranya.
Pertumbuhan pesat konsumennya tak lepas dari pengalaman sang juragan mengatasi dan menghadapi konsumen. Menurutnya, komunikasi dan kepuasan pelanggan adalah kunci utama agar konsumen datang kembali dan membawa klien baru bagi bengkel yang digarapnya.
“Sebelumnya saya pernah bekerja lebih dari 10 tahun di bengkel airbrush, salah satunya adalah Tomy Airbrush di Jakarta Barat. Kerja saya disana langsung berhubungan dengan konsumen, menuruti permintaan konsumen, menanggapi keluhan demi keluhan dan bekerja sesuai keinginan konsumen. Karena itu sedikit banyak saya paham bagaimana cara menghadapi dan memuaskan konsumen,” papar JJ.
Untuk ongkosnya sendiri, JJ memasang tarif yang beragam dan disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan banyaknya konsumsi cat yang digunakan. Untuk skutik dengan full air brush bisa mencapai Rp 3 juta. Bisa juga lebih murah, tergantung dari desain permintaan konsumen.
Sementara lamanya pengerjaan bisa mencapai satu hingga dua minggu.
Kini, JJ Aribrush tak hanya menyediakan jasa airbrush bodi motor saja. Seiring pesatnya pertumbuhan industri otomotif roda dua di Indonesia, JJ mulai memasarkan produk-produk bodi kit plug n play dengan desain grafis yang beragam.
Produk-produknya itu kini dapat ditemui di beberapa gerai aksesoris dan spare part di bilangan Jakarta (Kebun Jeruk, Otista, Cileduk) dan beberapa wilayah di Indonesia seperti Cirebon, Indramayu, Kalimantan hingga Papua.
“Kita melihat situasi lah. Jadi buat yang butuh cepat dan tanpa merubah bodi orisinilnya, kami membuat beberapa model desain grafis plug n play alias tinggal pasang, satu paket full bodi.”
Harganya sendiri bervariasi, tergantung tingkat kesulitan grafisnya. Tapi yang pasti harganya jauh lebih murah ketimbang airbrush dengan grafis sesuai pesanan konsumen.
Nah, buat Bro en Sis yang ingin menyambangi JJ AirBrush, bengkel ini beroperasi setiap Senin hingga Sabtu dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore.
Tapi ada satu hal lagi yang menarik. Buat Anda yang berminat menggunakan jasa JJ tapi berada di luar Jakarta, Anda tidak perlu khawatir, karena JJ Airbrush menyediakan layanan jasa antar jemput juga loh.
Eh iya, satu informasi menarik yang rasanya perlu diketahui dari JJ Airbrush. Dalam waktu dekat, JJ akan mengerkan puluhan ribu unit airbrush dengan motif batik. Bukan untuk motor loh, tapi kulkas. Ya. Salah satu perusahaan elektronik berskala internasional akan membuat kulkas dengan motif batik yang pengerjaan grafis batiknya dipercayakan kepada bengkel ini. Keren kaan..?
JJ AirBrush
Jl. Kayu Manis Barat No. 41 Matraman
Jakarta Timur
081314560001 / 021 92964253

GilaMotor.- Jika dilihat dari lokasi bengkel airbrush yang satu ini, siapa sangka jika klien-kliennya adalah raksasa industri motor di Indonesia. Wajar, karena posisinya sendiri berada di pinggir jalan yang agak menyempit di bilangan Matraman, Jakarta Timur.

Ya, jika dilihat dari luar memang tidak terlalu mentereng kalau bengkel spesialis airbrush ini memiliki klien langganan dari brand raksasa otomotif roda dua di Indonesia. Tapi jika Anda bisa menyusup lebih dalam lagi tentang kisah dan kiprah bengkel yang digawangi oleh Jaedun Muchtar ini, Anda akan menemukan nama ATPM sekelas PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia dan PT. Astra Honda Motor dalam daftar buku kliennya.

Menurut juragan muda ini, bengkel yang diasuhnya pernah mengerjakan 80 unit Honda Revo untuk display pada perhelatan Pekan Raya Jakarta beberapa tahun lalu.

“Kalau dengan ATPM Yamaha, kita memang tidak berhubungan langsung, tapi melalui vendornya dibilangan Citeureup, Bogor. Terakhir Yamaha mau mengerjakan Mio dengan Airbrush batik, tapi batal. Nah, kalau sama AHM kita pernah buatkan 80 unit motor Honda Revo bergaya tim Repsol Honda untuk display di PRJ,” kata lelaki yang akrab disapa JJ ini.

Bengkel yang berdiri sejak 2006 silam ini, awalnya hanya sebuah bengkel kecil di halaman rumah yang dibeli dari hasil jerih payahnya selama 10 tahun bekerja di Jakarta. Namun seiring meningkatnya jumlah konsumen, JJ mulai berbenah mencari lokasi yang lebih layak.

“Disamping banyaknya konsumen yang membutuhkan tempat lebih besar, usaha airbrush di rumah juga tidak baik bagi perkembangan dan kesehatan anak saya,” ungkap pengusaha muda ini.

“Awal berdiri paling hanya 4 sampai 7 motor tiap bulannya. Tapi sekarang bisa sampai 30 motor tiap bulan,” tambah nya.

Seiring peningkatan jumlah konsumen, JJ pun mulai memperkuat bengkelnya dengan penambahan awak bengkel menjadi 9 orang. Padahal sebelumnya JJ hanya diperbantukan oleh 2 orang saudaranya.

Pertumbuhan pesat konsumennya tak lepas dari pengalaman sang juragan mengatasi dan menghadapi konsumen. Menurutnya, komunikasi dan kepuasan pelanggan adalah kunci utama agar konsumen datang kembali dan membawa klien baru bagi bengkel yang digarapnya.

“Sebelumnya saya pernah bekerja lebih dari 10 tahun di bengkel airbrush, salah satunya adalah Tomi Airbrush di Jakarta Barat. Kerja saya disana langsung berhubungan dengan konsumen, menuruti permintaan konsumen, menanggapi keluhan demi keluhan dan bekerja sesuai keinginan konsumen. Karena itu sedikit banyak saya paham bagaimana cara menghadapi dan memuaskan konsumen,” papar JJ.

Untuk ongkosnya sendiri, JJ memasang tarif yang beragam dan disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan banyaknya konsumsi cat yang digunakan. Untuk skutik dengan full air brush bisa mencapai Rp 3 juta. Bisa juga lebih murah, tergantung dari desain permintaan konsumen.

Sementara lamanya pengerjaan bisa mencapai satu hingga dua minggu.

Kini, JJ Aribrush tak hanya menyediakan jasa airbrush bodi motor saja. Seiring pesatnya pertumbuhan industri otomotif roda dua di Indonesia, JJ mulai memasarkan produk-produk bodi kit plug n play dengan desain grafis yang beragam.

Produk-produknya itu kini dapat ditemui di beberapa gerai aksesoris dan spare part di bilangan Jakarta (Kebun Jeruk, Otista, Cileduk) dan beberapa wilayah di Indonesia seperti Cirebon, Indramayu, Kalimantan hingga Papua.

“Kita melihat situasi lah. Jadi buat yang butuh cepat dan tanpa merubah bodi orisinilnya, kami membuat beberapa model desain grafis plug n play alias tinggal pasang, satu paket full bodi.”

Harganya sendiri bervariasi, tergantung tingkat kesulitan grafisnya. Tapi yang pasti harganya jauh lebih murah ketimbang airbrush dengan grafis sesuai pesanan konsumen.

Nah, buat Bro en Sis yang ingin menyambangi JJ AirBrush, bengkel ini beroperasi setiap Senin hingga Sabtu dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore.

Tapi ada satu hal lagi yang menarik. Buat Anda yang berminat menggunakan jasa JJ tapi berada di luar Jakarta, Anda tidak perlu khawatir, karena JJ Airbrush menyediakan layanan jasa antar jemput juga loh.

Eh iya, satu informasi menarik yang rasanya perlu diketahui dari JJ Airbrush. Dalam waktu dekat, JJ akan mengerkan puluhan ribu unit airbrush dengan motif batik. Bukan untuk motor loh, tapi kulkas. Ya. Salah satu perusahaan elektronik berskala internasional akan membuat kulkas dengan motif batik yang pengerjaan grafis batiknya dipercayakan kepada bengkel ini. Keren kaan..?

Penulis/Foto : Jay

JJ AirBrush

Jl. Kayu Manis Barat No. 41 Matraman

Jakarta Timur

081314560001 / 021 92964253

Komentari


*

500 | |

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

  • bos kalo airbrush helmet bisa gak ya… haraganya berapa ya… thx

  • I adore the commentary on this blog, it really gives it that community experience!

  • jangn gitu gand lo orang sirik. gak boleh gto, lam kenal semua???

  • eh jaedun lu tukang tipu in orang2 aja masih bilang ngepuasin pelanggan,lu inget nggak gw penjual aksesoris dari otista yang lu booingin…….
    janjinya lu ngasih bodi mio baru” tapi sebagian lu tuker ama yang bekas………………! udah gitu gambarnya sama semua, woooi anak2 motor jangan ngecat ama si jaedun alias si jj mending cari yg lain deh masih banyak yg jujur, udah mahal aji mumpung nih orang dari miskin jadi kaya. belagu deh dan tukang boongin orang.

    SEMOGA TUHAN MENUTUP USAHA LU ANJING PENIPU
    SEMOGA TUHAN MENUTUP USAHA LU MANUSIA BULLSHIT

  • abang klo airbras vario 3jt bsa kurang gax. . . . ? ?

  • abang klo airbras vario 3jt bsa kurang gax. . . . ? ?

  • eh jaedun lu tukang tipu in orang2 aja masih bilang ngepuasin pelanggan,lu inget nggak gw penjual aksesoris dari otista yang lu booingin…….
    janjinya lu ngasih bodi mio baru” tapi sebagian lu tuker ama yang bekas………………! udah gitu gambarnya sama semua, woooi anak2 motor jangan ngecat ama si jaedun alias si jj mending cari yg lain deh masih banyak yg jujur, udah mahal aji mumpung nih orang dari miskin jadi kaya. belagu deh dan tukang boongin orang.

    SEMOGA TUHAN MENUTUP USAHA LU ANJING PENIPU
    SEMOGA TUHAN MENUTUP USAHA LU MANUSIA BULLSHIT

  • jangn gitu gand lo orang sirik. gak boleh gto, lam kenal semua???

  • I adore the commentary on this blog, it really gives it that community experience!

  • bos kalo airbrush helmet bisa gak ya… haraganya berapa ya… thx

  • First of all I would like to say great blog! I had a quick question which I’d like to ask if you do not mind. I was curious to know how you center yourself and clear your head before writing. I have had a tough time clearing my mind in getting my ideas out there. I do take pleasure in writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes are usually lost simply just trying to figure out how to begin. Any ideas or hints? Many thanks!

  • 705406 297075Hey I was just seeking at your internet site in Firefox and the image at the top with the link cant show up appropriately. Just thought I would let you know. 803974

  • Believe it or not unlike the Brits in The most beneficial Exotic Marigold Hotel, who want to leave England I’d enjoy to retire to England. I love that country!

  • jngn mau sama omongan jj janji doank manis terkhirnya nyesel deh lho

  • motor gua ninja rr di full airbrush sekitar 3 bulan yg lalu sampe sekarang awet2 aja ga ada kerusakan di catnya, luntur, ngelotok/ngelupas. malah warna yg dihasilkan itu bagus dan pernisannya tebel jd bener2 mengkilap. mungkin motor lu pake body yg murahan yg bahannya plastik rumah tangga jd hasil catnya ga memuaskan

1 2 3 6

Berita lainnya

Terbaru