5
1049

M1 Kurang Tenaga, Lorenzo Tuntut Yamaha

GILAMOTOR.com. – “Domonasi Yamaha di era MotoGP 800 cc bisa berakhir pada tahun 2011, kecuali Yamaha melakukan perbaikan pada performa mesin YZF-M1.” Hal ini pernah diungkapkan kepala kru legendaries Valentino Rossi, Jerry Burgess beberapa waktu lalu.

Menurut Burgess, pabrikan motor Jepang itu perlu meningkatkan tenaga kuda dan akselerasi untuk bisa memenangkan mahkota MotoGP 800 cc terakhir dalam menghadapi pesaing utama mereka, Ducati dan Honda. Di era MotoGP 800 cc, dominasi Yamaha memang tak terpatahkan. Sejak 2008 hingga 2010, tropi kemenagan berhasil direbut Yamaha melalui duo pebalap nya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Burgess yang tahu benar bagaimana karakter mesin Yamaha karena selama 7 musim telah dilalui bersama tim pabrikan Jepang ini, memperingatkan Yamaha agar perbaikan ini segera dilaksanakan, atau Yamaha akan kehilangan kesempatan merebut mahkota terakhir MotoGP 800 cc.

Bahkan Lorenzo pun pernah menuntut masalah ini sebelumnya, agar Yamaha segera meningkatkan performa dan tenaga mesin M1.

Kini apa yang pernah dikatakannya kembali diungkapkan setelah merasakan performa mesin M1 pasca sesi latihan resmi pra-musim MotoGP 2011 di Sepang.

Sang juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo mengatakan bahwa tahun ini Yamaha masih belum sekompetitif seperti yang dia inginkan. Menurut sang Spaniard, tunggangannya masih membutuhkan tenaga yang lebih baik.

“Menurut hemat saya, kami belum membuat lompatan yang jelas,” papar Lorenzo seperti dikutip Motosprint.

“Saya tahu apa yang kami butuhkan, tapi kami belum mendapatkannya,” kata sang juara dunia MotoGP 2010 ini. “Kami membutuhkan tenaga yang lebih banyak sehingga menambah kecepatan saat berkaselerasi, dan traksi yang lebih baik, selalu untuk tujuan yang sama: kami belum kuat saat keluar dari tikungan.”

Menurut pebalap Yamaha ini, mesin baru yang digendong M1 saat ini lebih – kurang masih sama seperti mesin M1 sebelumnya. “Kemajuan yang paling jelas adalah pada sistem anti-spin karena sudah lebih efisien sekarang. Aku senang dengan itu. Ini cukup membantu, tetapi kami perlu lebih banyak tenaga kuda,” papar Lorenzo.

Saat sasi latihan pra-musim MotoGP 2011 pekan lalu di Sepang, Lorenzo hanya menempati urutan ke empat dibelakang pebalap Honda. Menurutnya, tim Yamaha harus mengambil langkah maju untuk bisa kembali menikmati kemenangan seperti tahun lalu.

“Ya, laptimes yang baik, tapi pada saat ini, dengan motor ini, rasanya sulit untuk melakukan yang terbaik,” katanya.

“Saya menginginkan motor yang lebih baik, dan ini adalah apa yang telah saya minta kepada para engineers. Saya rasa semua pebalap menuntut hal itu,” katanya lagi.

“Saya tidak bilang ini bukan pemenang lagi: saya bilang bahwa untuk merasakan kemenangan setiap seri balapan seperti tahun lalu, kami membutuhkan peningkatan. Saat ini, saya rasa motor ini tidak bisa membuat saya mengulang sukses seperti tahun 2010 lalu.”

Lorenzo mengungkapkan bahwa Honda telah mengambil langkah maju yang sangat baik tahun ini. Dan ini menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi tim Yamaha.

Selain Honda, rekan satu timnya, Ben Spies juga dinilai cukup kuat dan menjadi pebalap yang jupa perlu diantisipasi.

“Spies pebalap yang kuat. Jujur, dia lebih cepat dari yang saya perkirakan. Simoncelli telah banyak peningkatan dan dia menyelesaikan laptime yang sangat baik. Pastinya Honda membantunya, tapi untuk meraih hasil secepat yang dia raih, itu berarti dia telah banyak membuat peningkatan juga.”

“Kompetisi akan sangat kuat dan terus kuat, ini akan menjadi musim dengan perjuangan keras. Karena itu saya ingin kami melakukan langkah besar juga,” tandas Lorenzo.

Penulis/Foto : Jay/Yamaha

5 COMMENTS

  1. 453441 944736“It’s always good to learn tips like you share for blog posting. As I just started posting comments for blog and facing problem of lots of rejections. I think your suggestion would be helpful for me. I will let you know if its work for me too.” 245591

  2. I wanted to compose you this very little remark to thank you very much over again for those unique concepts you have shared at this time. It is quite unbelievably generous with people like you to supply easily just what a number of us could possibly have sold as an e-book to generate some dough on their own, especially now that you might have tried it if you ever desired. The concepts in addition served to provide a good way to understand that other individuals have similar fervor like mine to learn a little more concerning this matter. I am certain there are many more enjoyable occasions in the future for individuals that look over your website.