0
6490

KLX 250S Refleksi Kesempurnaan

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Sebagian dari kita mungkin menganggap bahwa motor yang diluncurkan dari pabrikan sudah sempurna. Namun untuk sebagian lainnya juga punya pandangan bahwa produk dari pabrikan masih sedikit meleset dari kata sempurna atau bahkan jauh dari kata sempurna.

Karena itulah tak sedikit bikers yang mengambil langkah modifikasi untuk menyempurnakan tunggannya. Dan sudah barang tentu modifikasi penyempurnaan itu diserahkan pada modifikator dari rumah modifikasi terpercaya.

Itulah yang dilakukan punggawa Caos Custom Bikes, Larry Rahmat Rizki, pada KLX-250S untuk memenuhi permintaan sang empunya yang mengaku KLX 250S tunggangannya dirasa belum sempurna.

“Ngomongnya sih simple, cuma bilang ‘Sempurnakan.!” tutur Larry

Namun yang jadi masalah adalah difinisi sempurnanya itu seperti apa. Apa lagi orang yang meminta KLX 250S ini disempurnakan adalah pemegang puluhan lisensi merek komponen dan aksesoris supermoto. Karena itu, kata Lerry, difinisi sempurnanya pasti jauh berbeda dengan konsumen kebanyakan.

“Semua konsumen juga minta motornya disempurnakan, dan itu sudah biasa. Tapi yang jadi masalah adalah yang punya motor ini pemegang lebih dari tigapuluh lisensi merek aksesoris dan komponen after market supermoto di Indonesia. Khususnya komponen peningkat performa. Sudah pasti standar sempurna dia dengan konsumen yang lain jelas berbeda,” terangnya.

Untuk memenuhi permintaan ubahan sempurna, Lerry melakukan beberapa penggantian komponen bawaan KLX 250S dengan beberapa komponen after market kenamaan.

Di sektor bodi, beberapa part baru terpampang memperkuat kesan garang. Sebut saja stang dari Flex, hand guard Acerbis, handle grips dari Ariate serta handle rem dan kopling dari Titax.

Beralih ke bagian tengah, tutup tangki KLX 250S sudah berganti dengan tutup tangki keluaran Zeta sehingga terlihat lebih stylish. Dan melongok sedikit ke bawah tangki, sepasang slider bersiap melindungi mesin dari gesekan dan benturan keras ke aspal jika rider terjatuh.

“Mesinnya sudah 300 cc dan blok mesinnya sudah menggunakan blok mesin milik Kawasaki KLX 300R,” tutur salah satu awak Caos Custom Bikes saat sesi foto.

Tak cukup sampai di situ, komponen dyno jet Power Commander yang berfungsi untuk memanipulasi ECU agar kinerja nozel injector lebih sempurna dan menyesuaikan dengan bukaan gas. Selain Power Commander, KLX 250S ini juga dilengkapi dengan Memjet.

Komponen ini memiliki sistem kerja hampir sama, hanya mekanisme kerjanya diambil dari sensor O2 ke ECU. Fungsinya untuk memanipulasi data dari sensor O2 ke ECU. Luaran dan hentakan tenaga kian terhantar dengan aplikasi gas spontan dari Domino dan knalpot Jardine RT5.

Berapa kira-kira dana yang dihabiskan untuk mengubah KLX 250S ini menjadi lebih sempurna? Sayangnya, Lerry enggan mengatakannya. Menurutnya, dia hanya mewujudkan keinginan konsumennya.

CAOS CUSTOM BIKES

Jl. Pancoran Barat 8 No. 6C

Jakarta Selatan

Telp: 021 – 70089400

HP : 08170089400