0
891

Xeon Tambah Fitur AHO, Harga Tetap

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Sesuai dengan Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107 yang menyebutkan pengendara diwajibkan menyalakan lampu pada siang hari, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) kembali membekali produknya, Yamaha Xeon, dengan sistem Automatic Headlight On (AHO). Di mana sistem tersebut hadir untuk menggantikan fungsi saklar.

Selain penambahan sistem AHO, Xeon juga mendapat sedikit sentuhan ubahan seperti lampu sein depan dan belakang. Dari sebelumnya berwarna oranye menjadi putih bening. Kendati telah mendapat sentuhan baru, Xeon tetap dijual dengan harga lamanya Rp 15.79 juta.

“Perubahan mika lampu menjadikan Xeon lebih sporty tetapi tidak menyalahi aturan karena nyala lampu tetap kuning sebagaimana mestinya,” jelas Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Lebih jauh Indra menjelaskan, aplikasi AHO untuk New Xeon tanpa perubahan harga. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Yamaha terhadap keselamatan pengendara motor dengan penerapan AHO.

“Penerapan perangkat motor yang mendukung program safety riding itu sesuai dengan Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107 dimana menyebutkan pengendara diwajibkan menyalakan lampu pada siang hari,” tambahnya.

Kehadiran New Xeon dengan AHO, melengkapi line up Yamaha yang sudah lebih dulu mengaplikasi sistem ini, seperti Vixion dan Vega ZR baru serta Jupiter Z.

Keberadaan AHO diharapkan ikut membantu menekan jumlah kecelakaan di Indonesia. Sepanjang enam bulan pertama di tahun ini tercatat rata-rata kecelakaan lalu lintas mencapai 660 kali per bulan atau 165 kali per minggu.

Tahun lalu angka kecelakaan lalu lintas mencapai 61.606 kasus atau naik 6,72 persen dibandingkan di 2009..

“Pengaplikasian AHO merupakan bentuk dukungan Yamaha terhadap pemerintah dalam menjalankan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Tahun ini facelift tiga motor Yamaha yang diluncurkan dalam waktu berdekatan, salah satunya yang diterapkan adalah penambahan AHO.”

New Xeon hadir dengan lima warna baru yaitu Atomic White Flash, Tron Rapid Black, Dynamic Blue Zoyd, Transmatic Red Alpha dan Ducleus Greenoid.

Penulis/Foto : @jayadi72