1
1915

Yamaha Mundur Dari Superbike

GILAMOTOR.com. – Yamaha Motor Eropa (YME) mengabarkan bahwa mereka akan menarik diri dari kejuaran Superbike musim depan. Keputusan ini diambil setelah melakukan serangkaian review oleh tim Marketing Operation di Eropa, termasuk semua kegiatan motorsport. Mundurnya Yamaha dari WSB ditenggarai akibat kondisi pasar Yamaha di Eropa yang terus menurun.

Selain masalah penjualan, selama dua musim (2010-2011) tim Yamaha berjalan tanpa didukung oleh sponsor.

Tahun 2009 ketika Yamaha berhasil meraih gelara juara WSB, saat itu Yamaha mendapat dukungan dari sponsor produk makanan terbesar di Italia, Sterilgarda Alimenti. Namun musim balap 2010 dan 2011, Yamaha berjuang di WSB tanpa dukungan sponsor.

Bukan hanya di WSB, tim balap Yamaha di MotoGP pun tahun ini berjalan tanpa dukungan sponsor besar seperti tahun lalu. Tahun lalu saat Lorenzo berhasil meraih gelar juara dunia dan Valentino Rossi memutuskan untuk hengkang ke Ducati, pabrikan mobil Fiat pun menarik dari dari kontrak sponsorship bersama Yamaha.

Yamaha mengatakan, bahwa sumber daya yang ada kini lebih difokuskan untuk kegiatan para pelanggan yang pada akhirnya akan memberikan nilai lebih bagi para pemilik motor Yamaha, dan kepuasan pelanggan pun meningkat.

YME mengucapkan terimakasih yang tulus dan penghargaan untuk komitmen total, dukungan dan semangat yang ditunjukkan oleh kedua pebalap superbike meraka, Eugene Laverty dan Marco Melandri . Menurut Yamaha, kedua pebalap ini sangat professional dan berdedikasi. Ucapan itu juga ditujukan kepada seluruh anggota tim yang terlibat, baik tim saat ini maupun terdahulu yang telah berpartisipasi selama bertahun-tahun di kejuaran Superbike.

Yamaha juga ingin berterimakasih kepada semua mitra bisnis dan pemasok yang selalu mendukung perjalanan tim. Di samping itu, Yamaha juga ingin mengucapkan terimakasih kepada promotor FIM World Superbike Championship.

Seperti diberitakan MCN, Yamaha telah memilih waktu pengumuman untuk memastikan semua kewajiban yang ada telah terpenuhi dengan benar, dan tidak membatasi peluang atau perencanaan masa depan semua personel yang terlibat.

Saat ini, kedua pebalap Superbike Yamaha berada di posisi 3 dan 4 klasemen sementara musim 2011. Masih ada beberapa seri ke depan untuk keduanya merebut gelar juara dunia Superbike seperti yang pernah diraih Yamaha pada musim 2009 lalu. Untuk itu, Yamaha dan tim akan terus memberikan upaya maksimal hingga akhir musim 2011.

Yamaha akan melanjutkan ketersediaan suku cadang balap yang dikenal sebagai Racing Kit YEC untuk model produksi R1 dan R6, guna memenuhi kebutuhan komponen balap tim personal yang ingin memasuki ajang balap di semua tingkatan.

Namun demikian, keputusan ini jelas menimbulkan kesedihan pada dua pebalap Superbike Yamaha.

Seperti diberitakan cyclenews.com, bahwa Laverty merasa terkejut atas pengumuman mundurnya Yamaha dari WSB dan mengungkapkannya melalui akun twitternya. “Berita penarikan diri Yamaha dari WSB hari ini datang sebagai sebuah kejutan bagi ku,” kicau Laverty.

Senada dengan Laverty, Marco Melandri pun mengungkapkan kekecewaannya melalui akun twitternya yang ditulis dalam dua bahasa, Inggris dan Italia “Really disappointing for the entire team- a great bunch of guys,” kicau Melandri di twitter. “Long day, feel tired and sad, need a big sleep. Tomorrow is another day.. Lunga giornata e faticosa. Dormita e Domani sarà un altro giorno,” tutur Melandri di twitter.

Yang jadi pertanyaan, apakah kondisi ini juga akan menerpa tim balap Yamaha di MotoGP? Semoga saja tidak.

Penulis/Foto : @jayadi72/MCN

1 COMMENT