0
1173

Honda Scoopy 2010 Ogah Tampil Seadanya

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Honda Scoopy dari pabriknya tampil dengan bodi yang terkesan membulat. Karena desainnya sendiri mengambil konsep retro modern. Tapi secara tampilan, bagi beberapa orang merasa masih kurang puas dilihatnya. Nah, hal itulah yang dirasakan oleh Landof, pria yang juga pemilik bengkel modifikasi skutik di bilangan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Belum lama menebus Honda Scoopy rakitan tahun 2011, tangan kreatifnya mulai gatal melihat tampilan skutik imut itu. Tentu gatal karena sudah enggak betah lihat motor yang tampil ala kadarnya.

“Scoopy kan terkesan manis, nah gue mau ngilangin kesan itu,” kata Landof yang juga pemilik rumah modifikasi CustomXize Motorcycle. “Caranya mengubah tampilan jadi lebih sangar dengan tampil gothic,”tambahnya.

Modifikasi yang dilakukan enggak sampai merusak bodi aslinya. Untuk bagian ini, pria berbadan subur tersebut memberikan lapisan airbrush dengan tema gothic. “Justru di sinilah inti modifikasi motor gue,” katanya lagi.

Proses airbrush dilakukan sendiri dengan paduan warna orange dan hitam yang dominan. “Ini motor ke empat gue yang gue modifikasi sendiri,” terang Landof.

Lapisan airbrush bergaya gothic dibuat dari paduan warna orange pada bagian atas  dan hitam pada bawah bodi. Tampilan jadi terkesan sangar dengan corak yang tajam-tajam. Kesan imut pun menghilang digantikan sangar.

Enggak cuma piawai memainkan pen brush, Landof juga ahli meracik velg custom untuk skutik. Tengok aja sepasang velg yang menempel di skutik miliknya. Untuk belakang dia mencomot velg mobil berdiameter 13 inci yang di-custom ulang dengan lebar 5 inci. Sementara depan pakai model monoblok diameter 13 inch dengan lebar 4,5 inch.

Gimana, jadi terlihat lebih padat bin semok bukan?

Sudah aplikasi ban besar tentu mesin standar akan berat menggerakkan skutik ini. Mengakalinya dengan cara upgrade mesin, seperti bore up 150 cc, klep pakai punya Honda Sonic dan karburator PE 28. Knalpot pakai R9 milik Honda Vario yang dicustom ulang lehernya agar sesuai dengan Honda Scoopy.

“Biar mesin enggak ngos-ngosan,” bisik pria ramah tersebut.

Spesifikasi

Ban depan-belakang   : Deli Tire 130/60-13 dan 140/60-13

Pelek depan-belakang            : Custom 4,5×13 dan 5×13

Knalpot                        : R9

Jok                               : MB Tech

Visor                            : Aftermarket

Karburator                  : Keihin PE 28

Mesin                          : Bore up 150 cc

Biaya                           : Sekitar Rp 8 juta

CustomXize Motorcycle : 087882272290