0
1812

Grand Final YCR 10 Pembalap Akan Terbang ke Thailand

GILAMOTOR.com, Malang. – Hasil Grand Final Yamaha Cup Race (YCR) di sirkuit Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (11/12), akhirnya memastikan 10 pembalap yang akan mengikuti Yamaha Asean Cup Race di Thailand, Januari tahun depan. 10 pembalap itu (5 dari kelas seeded dan 5 kelas pemula) adalah juara nasional YCR musim ini di kelas dan region masing-masing.

Dari region Jawa adalah Sigit PD, Deny Triyugo, Hendriansyah, M.Zaki, Fathrin H.K dan R.Fadhil. Region Sumatera diwakili Teddy Permana dan Iqbal Gatra. Dan dari region (Makassar,Bali dan Lombok) adalah I Ketut Madiasta dan Willy Hammer.

Di race Grand Final YCR Malang, Sigit PD menjuarai kelas MP1 (Bebek 4Tak 125 cc TU Seeded) diikuti Denny Triyugo dan Hokky Krisdianto. Di kelas MP2 (Bebek 4Tak 115 cc TU Seeded), Anggi Permana jadi juara disusul Sigit PD dan Hendriansyah. R.Fadhil juara MP3 (Bebek 4Tak 125 cc TU Pemula) dan Fathrin HK jawara MP4 (Bebek 4Tak 115 cc TU Pemula).

Melalui 10 pembalap ini, Yamaha menargetkan juara umum Yamaha Asean Cup Race di Thailand. Ditegaskan Yamaha, target ini dikuatkan dengan line up pembalap handal dan tradisi juara Yamaha Indonesia di ajang tersebut.

“Sejak digelar di 2003, Yamaha Indonesia mendominasi gelar juara umum. Lima kali juara umum di tahun 2003, 2004, 2006, 2009 dan 2010,” sebut Manager Motorsport Yamaha Indonesia, Ari Wibisono.

lebih lanjut Ari menjelaskan, saingan terberat adalah tuan rumah Thailand. Negeri “Gajah Putih” itu juga meraih juara umum tiga kali pada 2005, 2007 dan 2008. Dominasi Indonesia dan Thailand menjadikan dua negara itu sebagai kandidat terkuat juara.

“Strategi dan kerjasama tim akan menjadi kunci sukses. Para pembalap harus kerjasama karena gelar juara umum diambil dari kalkulasi poin mereka baik di kelas seeded maupun pemula,” beber Ari.

Kelas seeded menggunakan motor bebek Jupiter MX, sedangkan kelas pemula matik ,menggunakan Xeon. Untuk Indonesia digunakan dua motor itu, sama dengan negara peserta lainnya meskipun nama motornya beda. Negara peserta yang akan bertarung di Yamaha Asean Cup Race adalah Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, India dan tim tamu istimewa dari Jepang.

Selain balapan, Grand Final YCR ini juga diisi dengan suguhan hiburan lainnya sejak Sabtu malam hingga Minggu sore. Tampil di panggung band wanita ibu kota, SHE dan Zigas. Juga konvoi klub motor Byson chapter Malang bersama Doni Tata di jalan raya sepanjang 35 km dan aksi freestyle dari “The Doctors” saat konvoi dan di sirkuit. Lima freestyler menggunakan Xeon, Jupiter Z dan V-Ixion.

Selain itu, Doni Tata juga beraksi di sirkuit menunggangi Yamaha R6.

Penulis : @Jayadi72 | Foto : Istimewa