4
1492

SOC : Siapapun Yang Salah Harus Dihukum

GILAMOTOR.com, Surabaya. – Selain dijadikan tempat sharing, menambah teman dan ilmu seputar dunia motor, berdirinya sebuah komunitas atau klub juga bisa dijadikan sebagai media melatih kedisiplinan diri dan kesadaran keselamatan berkendara, loh.

Seperti pada klub motor yang bermarkas di Surabaya ini, Skywave Owner Club (SOC) Surabaya. Selain temu rutin alias kopdar mingguan, para anggota SOC ini sepakat untuk memberikan hukuman jika mereka kedapatan melakukan pelanggaran yang mengundang bahaya. Tak pandang bulu, siapapun bisa memberi hukuman kepada anggota yang bersalah termasuk menghukum sang ketua.

“Kami selalu memberikan hukuman kepada siapa saja anggota klub yang ketahuan melakukan kesalahan, termasuk jika ketua klub nya yang salah,” begitu kata Bro Mamad yang juga anggota komunitas Gilamotor.

Hukumannya seperti apa? Memang bukan hukuman berat yang diberikan kepada anggotanya, hanya push up sesuai nomer registrasi anggotanya. “Kalau nomer registrasi atau nomer anggotanya 10, yah 10 kali push up. Kalau 30 harus 30 kali push up,” tambah Mamad.

Wah, kalau hukumannya seperti itu kedengarannya agak kurang adil yah. Kasihan yang nomernya besar sementara ketuahanya hanya 1 kali push up karena nomernya 001.

“Memang hukumannya tidak berat, tapi kami menerapkan itu sebagai sebuah peraturan agar kami dan semua anggota punya kesadaran. Kami memulai dari hal terkecil untuk melatih diri memikul tanggung jawab untuk memberi contoh yang baik kepada masyarakat,” kata mas Bro AP Billiyanto, katua SOC yang juga aktif di komunitas Gilamotor.

Ketua hukumannya ringan yah? Cuma satu kali push up. Hehehe.

Tapi lebih jauh mas bro Mamad menjelaskan, “Hukumannya ringan tapi beban yang dipikul berat karena menyangkut wibawa sang ketua. Masa’ ketua melanggar hukum mulu sih, hahaha,” jelasnya.

“Pokoknya, siapa pun itu kalau ketahuan bersalah harus dihukum baik dihukum di tempat atau saat kopdar. Termasuk kesalahan ketinggalan kunci motor, agar kita selalu waspada dan tidak ceroboh.”

Demi terciptanya kesadaran pada keselamatan bekendara, hukuman itu dibuat. Peraturannya sendiri menyesuaikan undang-undang lalu lintas yang dibuat pemerintah dan peraturan yang dibuat berdasarkan kesepakatan anggota klub.

“Sebagai langkah untuk mendukung kampanye keselamatan berkendara, kami menerapkan peraturan yang mewajibkan anggota selalu menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm, sepatu dan semua perlengkapan. Seperti saat kopdar, anggota wajib menggunakan helm, sepatu, jaket, celana panjang dan sarung tangan. Pokoknya 1 meter dari rumah harus selalu safety riding,” tegas Mas Bro Mamad.

Patut ditiru nih. Safety First yah mas bro.. Bravo

CP:

AP Billiyanto : 085881018000

Mamad : 085230788001

Sony : 085852252324

Penulis | Foto : @Jayadi72

4 COMMENTS