3
11816

Kawasaki Ninja RR 150: Khusus Buat OMR

GILAMOTOR.com. – Sebuah bengkel kebanyakan memiliki motor andalannya, entah itu modifikasi tampilan atau mesin. Contohnya Kawasaki Ninja 150 RR milik bengkel Banky Motor Sport (BMS) ini. Motor bermesin 2 tak ini menjadi andalan bengkel untuk turun di ajang balap kelas OMR 2 tak 150 cc.

Tentunya mesin sudah diupgrade, tapi pastinta enggak bisa bebas upgrade karena harus menyesuaikan regulasi yang ada.

“Sebenarnya speknya enggak ekstrim-ekstrim banget. Mau aplikasi ke motor harian juga bisa,” ungkap Maman, sang mekanik yang mengoprek Ninja ini.

Supaya bisa melaju cepat, ubahan utama motor tim BMS DFR Sinnob Racing Team ini terletak pada silinder head dan karburatornya. Seperti porting-polish dan papas head 0,5 mm supaya kompresi lebih padat. “Kalau karburator pakai copotan Honda RS yang berdiameter 39 mm,” ungkap Maman lagi.

Meski karburator sudah mumpuni, kalau saluran masuk alias intakenya masih standar tentu hasilnya enggak bakalan maksimal. Makanya Maman menggusur intake standar dengan intake V-Force 3.

“Part ini mudah ditemuin kok di speed shop-speed shop,” katanya.

Kalau piston sih standar-standar saja mengikuti regulasi yang ada.

Nah kualitas bagian head dan saluran masuk gas bakar sudah ditingkatkan, enggak ketinggalan saluran gas buang alias knalpot harus mengikuti ubahan dong. Untuk itu knalpot khusus Kawasaki Ninja RR 150 keluaran AHM disematkan. Jadi laju motor enggak ketahan di knalpot yang kurang mumpuni.

Berikutnya tinggal seting dan pasang bagian pendukung lainnya. Seperti gear Sinnob ukuran 16-41 yang dirasa pas untuk turun di Sirkuit Sentul. “Kalau gear sebenarnya menyesuaikan, tapi untuk Sentul ukuran segini udah pas,” tutur Maman dari markas BMS di jalan Juanda, Depok.

Berikutnya pemasangan gas spontan Kitaco supaya buka tutup gas lebih cepat.

Karena memang dibuat khusus untuk balapan, maka bodi motor dibuat ulang semuanya dari bahan fiberglass. Tentu bentuk bagian depan dibuat lebih streamline supaya mudah membelah angin. Untuk karet bundar pakai keluaran FDR.

Pretasi yang sudah ditorehkan motor pacuan Tomi Patria pada tahun lalu cukup lumayan. Tahun 2011 lalu masuk juara 3 kelas OMR 2 tak 150 cc. “Kalau tahun sebelumnya sempat pertama,” bangga Maman…

Spesifikasi

Bodi                             : Custom full fiber

Footstep                      : Nui

Gas spontan                : Kitaco

Ban depan                   : FDR Sport FR slick

Ban belakang              : FDR Sport XR

3 COMMENTS