0
2092

Moto3 : Era Baru di MotoGP

GILAMOTOR.com. – Tak ada lagi bau dan asap akibat oli terbakar di paddock dan pit lane saat pembalap memanaskan motor mereka, tak ada lagi raungan mesin khas 2 tak di musim balap 2012 yang akan dimulai pada April mendatang di Losail, Qatar.

Era Moto3 kini hadir menggantikan kelas 125 cc mesin 2-tak.Sebuah langkah baru di kejuaraan balap dunia MotoGP.

Perubahan ini seperti yang terjadi pada kelas 250 cc menjadi Moto2. Dan para pebalap GP 125 cc akan dihadapkan pada tantangan baru mesin. Mereka harus mampu menyesuaikan karakter mesin yang lebih berat dan sedikit lebih bertenaga.

Moto3 mengaplikasi mesin silinder tunggal, 4-tak dengan diameter piston maksimum 81 mm dan kubikasi maksimum 250 cc, dan akan menggunakan stroke 48,5 mm sesuai regulasi yang sudah ditetapkan.

Itulah informasi singkat fitur utama yang diusung motor 250 cc di kejuaran balap motor dunia. Dan kita akan mengetahui lebih banyak saat musim balap 2012 di mulai pada seri pembuka Grand Prix Qatar pada 8 April mendatang, apakah Moto3 akan secepat 125 cc.

Di eranya, mesin 125 cc membutuhkan lebih dari sekedar teknisi. Mereka harus mengetahui dan memahami motor mereka. Dalam pengembangannya, para teknisi itu harus memahami banyak hal yang mempengaruhi kinerja mesin, seperti kelembaban, tekanan udara dan bagaimana riding style si pembalap.

Ya, mesinnya sangat sensitif untuk berubah. Tapi jika sudah didapat setingan yang sempurna, dapat dipastikan si pembalap akan mendapat performa yang nyaris tak tertandingi.

Berbeda dengan mesin 4-tak di Moto3. Mesin tipe ini lebih sederhana dan tidak terlalu terpengaruh pada perubahan di luar. Sensornya menyesuaikan performa mesin pada setiap keadaan. Meski diakui bahwa mesin 4-tak lebih kompleks dan memiliki lebih banyak elemen dari mesin 2-tak, tapi untuk setupnya lebih mudah.

So.. Gimana aksi para pebalap di atas motor Moto3? Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Penulis: @Jayadi72 | Foto: Istimewa