0
654

TVS Kembangkan Teknologi Transmisi Otomatis

GILAMOTOR.com, New Delhi. – TVS Motors mengumumkan tengah mengembangkan teknologi baru yang dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen. TVS mengatakan bahwa teknologi baru bernama ‘TVS Automatic Transmission’.

Teknologi itu diklaim TVS sebagai pengganti teknologi Continuously Variable Transmission Technology (CVT) yang umum digunakan pada skutik kebanyakan. Transmisi otomatis tersebut, dijelaskan TVS, memilih rasio gigi secara otomatis melalui kontrol elektronik sesuai kondisi pengendaraan.

“Tujuan pengembangan teknologi ini untuk menciptakan sebuah layout mesin yang compact, sehingga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan emisi CO2 yang lebih rendah,” ujar Harne Vinay Chandrakant, President New Product Development dari TVS Motor.

“Di samping itu juga mempengaruhi konstruksi pijakan lebih rendah dan ruang untuk barang,” tambahnya.

Rasio gear yang menyesuaikan dengan kinerja putaran mesin diklaim menghadirkan dua manfaat, efisiensi bahan bakar dan peningkatan performa motor.

“Teknologi ini dikembangkan melalui inovasi yang tinggi dengan bahan dasar material yang ringan,” jelas Chandrakant.

Dikabarkan, teknologi ini akan dicangkokkan pada mesin 110cc 4-langkah pada skutik generasi terbaru TVS pada 2013 mendatang.

Lebih lanjut TVS menjelaskan, pengembangan penyempurnaan sistem pendinginan mesin, dengan cara mengurangi friksi pada mesin dan aplikasi multi-map electronic ignition control.

Dikabarkan pula, teknologi ini akan dilucurkan TVS pada petengahan 2012 medatang.