0
1067

AHM Bangun Pembangkit Listrik Mikro Hidro

GILAMOTOR.com, Jakarta. – PT Astra Honda Motor (AHM) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 6400 watt untuk masyarakat adat Banten Kidul kasepuhan Ciptagelar, di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat.

Dalam keterangan resminya Honda menjelaskan, pembangunan PLTMH ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial atau corporate social responsibilty (CSR) perusahaan di bidang pemberdayaan masyarakat. Sekitar 63  rumah di kampung Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat akan menikmati aliran listrik yang dibangun AHM bekerja sama dengan Yayasan Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan (IBEKA).

Peresmian fasilitas PLTMH ini berlangsung pada Sabtu, 25 Februari di Kampung Sukamulya, Desa Sirna Resmi, Kabupaten Sukabumi.

Head of Corporate Communication AHM Kristanto menyatakan, melalui pembangunan PLTMH ini perusahaan berharap dapat mendorong masyarakat di sekitar lokasi pembangkit listrik agar dapat melakukan aktivitas produktif guna meningkatkan kesejahteraan ekonominya.

“Kami berharap masyarakat lokal dapat memberdayakan diri menuju kehidupan yang lebih baik. Jika selama ini mereka terhambat oleh pasokan listrik, dengan beroperasinya PLTMH ini, masalah keterbatasan pasokan listrik dapat teratasi,” ujarnya.

Dengan memanfaatkan aliran sungai Cibarengkok, AHM membangun saluran air 420 meter dan pipa pesat sepanjang 87 meter yang bermuara pada sebuah rumah turbin. Di lokasi ini, ditempatkan sebuah generator yang nantinya akan menghasilkan listrik yang disalurkan ke rumah-rumah penduduk.

Pembangunan PLTMH di Cisolok Sukabumi ini merupakan proyek percontohan bagi program CSR AHM di bidang pemberdayaan masyarakat. Dengan didampingi AHM dan Yayasan IBEKA, secara partisipatif masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar akan terlibat dalam pemeliharaan fasilitas PLTMH ini. AHM juga mendidik dan mendampingi wakil masyarakat sebagai pemelihara dan operator PLTMH, sehingga fasilitas ini dapat dijalankan secara mandiri.

Di sisi lain pembangunan PLTMH ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian tentang perlunya pemeliharaan hutan sebagai area tangkapan air, karena air merupakan sumber PLTMH yang selalu harus terjaga ketersediaan dan debitnya. Dengan demikian, diharapkan secara kolektif masyarakat akan menjaga kelestarian hutan

“Salah satu pilar CSR AHM adalah pemberdayaan masyarakat. Kami ingin PLTMH Sukabumi ini dapat diimplementasikan di tempat lain agar masyarakat lebih produktif dan mandiri dalam usahanya meraih kesejahteraan,” ungkapnya.