Berita

Thursday, 9/02/12 | 07:33 WIB

Langkah Pasang Lampu Halogen Biar Lebih Terang

GILAMOTOR.com. – Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja lampu sepeda motor terutama untuk jenis motor bebek, yang kualitas sinar lampunya terkadang kurang mantap nih. Dari mulai penambahan booster lampu sampai pasang projector dan HID segala.

Dengan cara tersebut, tentunya bisa dilakukan setelah membayarkan sejumlah uang yang lumayan menguras kantong.

Padahal ada cara yang jauh lebih hemat tapi fungsi dari lampu juga meningkat. Caranya bisa aplikasi bohlam jenis halogen.

“Bohlam jenis ini memiliki cahaya yang lebih fokus dan lebih terang dari bohlam standar,” urai Bowo, mekanik rumahan di daerah Kelapa Dua, Depok.

“Selain itu, yang membedakan lampu halogen adalah bentuknya yang lebih langsing dan ujungkan meruncing,” tambahnya.

Harganya juga bersahabat, cuma Rp 10 sampai 25 ribu aja. Cara pasangnya juga cukup mudah kok. Sebagai bahan praktek, kita gunakan Honda Karisma lansiran 2004 yang masih pakai bohlam standar.

Langlah awal, lepaskan semua sekrup yang mengikat batok lampu, setelah sebelumnya melepaskan spion dengan kunci pas ukuran 14.

Agar mempermudah pemasangan bohlam halogen, lepaskan juga soket lampunya. Berikutnya lepaskan dudukan lampu utama dengan cara menekannya sambil diputar ke kiri. Setelah terlepas, keluarkan bohlam lampu standar dan pasang bohlam lampu halogennya, dan beres deh.

“Oiya, saat pemasangan,tangan jangan sampai memegang kaca lampu ya, karena akan menimbulkan bercak dan bisa bikin bohlam pecah nantinya,” wanti-wanti sang mekanik yang ogah tenar ini.

Okay Bro, semoga langkah mengganti bohlam halogen ini bisa membantu.

Gojay
Gojay

Komentari

1 2 3 24

Berita lainnya

Terbaru