0
774

Pasukan Honda Siap Ukir Prestasi di Arena Balap Nasional

GILAMOTOR.com, Jakarta – Dukungan dan pembinaan PT Astra Honda Motor (AHM) dalam aktifitas balap sepeda motor atau yang dikenal dengan road race, terus meningkat. Tahun ini AHM menyiapkan dukungan untuk 26 tim yang akan berkiprah di arena balap nasional.

Honda menjelaskan, sesuai dengan perencanaan yang telah disusun pada tahun 2012 ini, AHM melanjutkan pengembangan sejumlah program yang telah sukses di tahun sebelumnya.  Dukungan terhadap tim yang tahun lalu hanya 20 tim, tahun ini meningkat menjadi 26 tim. Sebanyak 7 tim akan berlaga di Indoprix dan sebanyak 19 tim akan berkiprah di Motoprix.

Secara kuantitas, selain jumlah tim yang meningkat, AHM juga memperbanyak jumlah region yang didukung. Tahun ini, AHM memberi dukungan 26 tim balap yang tersebar di 5 region, yaitu region 1 (Sumatera), Region 2 (Jawa), region 3 (Bali-NTB-NTT), Region 4 (Kalimantan) dan region 5 (Sulawesi).  Sementara tahun lalu, AHM baru memberi dukungan tim kejurnas full series hanya di 3 region, yaitu di region 1, region 4 dan region 3.

Secara kualitas, AHM juga memperketat seleksi tim-tim yang akan  didukung dengan memperhatikan banyak aspek, mulai dari kualitas pembalap yang diajukan, chief mekanik serta faktor penunjang lainnya. “Aspek kualitas menjadi pertimbangan utama dalam menentukan dukungan yang akan kami berikan,” ujar A. Indraputra, GM Marketing Planning and Analysis Division PT AHM.

Berdasarkan hasil seleksi, terlihat tim-tim yang bergabung di bawah naungan bendera One Heart dan Satu Hati akan membawa banyak perubahan dalam konstelasi balap tanah air.

Tim main dealer, dealer maupun tim professional murni yang disokong AHM memiliki skuad yang menjanjikan.

PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation (HSO) untuk pertama kalinya terjun ke arena balap Indoprix dengan membentuk Astra Motor Racing Team. Kiprah perdananya ditandai dengan yang memboyong pasukan Star Motor, lengkap dengan Benny Djatiutomo,  legenda balap nasional yang sudah membawa timnya jadi langganan juara nasional, sekaligus Denny Triyugo, pembalap yang baru saja jadi juara nasional Indoprix 2011.

Tim dealer yang juga membuat gebrakan adalah Honda Tunas Jaya, Magelang. Hokky Krisdianto, juara nasional dua kali pada tahun 2008 dan 2009 akan memperkuat skuad balapnya yang akan tampil di ajang balap nasional bersama Dedi Fermadi.

“Di kejurnas Indoprix, semua  pembalap Honda nanti akan menggunakan All New Honda Blade. Mereka akan membuktikan ketangguhan mesin barunya langsung di setiap sirkuit,” ungkap Indra.

Selain dukungan serius terhadap tim balap, AHM juga secara konsisten melanjutkan program Honda Racing School (HRS) yang terbukti telah melahirkan sejumlah pembalap pemula handal. Demikian juga dengan program Honda Technical Racing Training (HTRT) juga akan dilanjutkan untuk semakin mematangkan dan meningkatkan kemampuan mekanik tim Honda.

“Tahun ini, HRS untuk pemula akan dilaksanakan kembali. Merekrut siswa-siswa berbakat berusia di bawah 15 tahun untuk dibina secara intensif,” tambah Anggono Iriawan, Manager Safety Riding and Motor Sports Dept PT AHM.

Sementara itu, untuk Honda Racing Championship (HRC), AHM juga tetap melakukan kegiatan rutin tahunan tersebut sejumlah 9 seri. Seperti tahun lalu, kegiatan one make race Honda ini akan dilaksanakan dalam bentuk seri dan non seri.

“Dengan berbagai kegiatan balap tersebut, kami yakin dukungan AHM pada aktifitas racing ini akan mendorongpeningkatan prestasi pembalap Honda, baik di dalam negeri maupun tingkat international,” yakin Indraputra.