0
6095

Speed Station Bikin Motor Kinclong Terus

GILAMOTOR.com. – Di sini ada yang ngaku sayang banget sama motornya? Selain melakukan perawatan rutin dan dicuci, ternyata motor juga wajib dibawa kesalon loh. Karena seakrang ini sudah banyak tersebar salon khusus perawatan si kuda besi.

Ya, bisa dibilang mirip dengan salon untuk mobil.  Dengan membawa ke salon motor, motor kesayangan akan dicuci setelah itu akan mendapatkan intensive skin care alias dipoles dan wax bodinya.

Seperti yang coba ditawarkan Speed Station (SS) yang berlokasi di Jl. Raya Lenteng Agung No. 8, Tanjung Barat, Jaksel. Di tempat yang dikomandoi Mohammad Mario ini menawarkan menu poles bodi dan wax untuk motor. Untuk poles bodi dan wax, SS membaginya dalam 4 jenis paket. Pembagian paket ini berdasarkan obat poles yang dipakai dan banyaknya bagian yang akan dikerjakan.

Paket pertama misalnya, poles dan wax bodi paket hemat yang dihargai Rp 25 ribu untuk skutik dan bebek. Sedangkan motor sport Rp 35 ribu.

Paket kedua ada poles dan wax full paket hemat yang dikenai biaya Rp 40 sampai Rp 45 ribu untuk jenis motor tadi. “Ini menggunakan obat poles lokal merek Carrera,” kata Mario.

Paket ketiga dinamai poles dan wax bodi paket import yang untuk skutik dikenai biaya Rp 80 hingga 100 ribu. Dan paket terakhir adalah poles dan wax full paket import yang tentu uang yang harus dikeluarkan lebih banyak, yakni Rp 100 sampai Rp 125 ribu.

Untuk paket ketiga dan keempat, obatnya pakai merek luar seperti Meguiars dan Turtle Wax. Nah perbedaan antara paket biasa dan full, yakni pada banyaknya bagian yang dipoles. Jika paket biasa hanya meliputi bodi, maka paket full termasuk juga pelek, swingarm, sokbreker dan mesin bagian luar. Semua pengerjaan dilakukan oleh karyawan yang sudah terlatih karena telah melalui proses training terlebih dulu.

Sebenarnya apa sih manfaat yang didapat kalau  melakukan poles dan wax bodi? “Fungsi utamanya untuk menghilangkan jamur dan baret-baret halus di bodi,” ujar Mario.

“Selain itu, motor jadi terlihat lebih terawat dan kalau nantinya ada niatan mau dijual, harga jualnya juga ikut tinggi,” tambahnya. Jadi jangan mau kalah sama pengendara mobil dalam soal perawatan kendaraan. Disarankan sih lakukan poles dan wax bodi setahun 3 kali.

Apalagi untuk proses pengerjaan poles dan wax bodi yang ada di sini dikerjakan dengan cara manual alias pakai tangan. Hal ini bertujuan agar cat tetap aman, enggak terkikis dan bisa lebih menjangkau seluruh bagian bodi motor. Akan berbeda kalau proses poles dan wax dilakukan dengan mesin. “Hasilnya kurang sempurna karena motor memiliki banyak lekukan-lekukan bodi, berbeda dengan mobil,” terang pria kelahiran 13 November 1982 tersebut.

Lama pengerjaan untuk poles dan wax bodi memang agak memakan waktu. Untuk pengerjaan bodi saja membutuhkan waktu kira-kira 1,5 – 2 jam. Jika sampai ke kaki-kaki sekitar 2-3 jam.

Lama juga yahh..? Iya sihh, tapi setelahnya dijamin puas deh melihat tunggangan kesayangan sudah kinclong seperti baru.