0
695

Sambut Hari Bumi, AHM Tanam 200 Ribu Pohon

GILAMOTOR.com, Jakarta – Sebagai salah satu aksi penghijauan bumi, PT Astra Honda Motor (AHM) menanam sekitar 200.000 pohon sebagai bagian kecintaan dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan di Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya AHM memperingati Hari Bumi Sedunia pada 22 April.

Sebanyak 11 aksi penghijauan dilakukan dengan menanam 28.325 pohon selama kurun Januari-April tahun ini. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan 2 aksi penanaman 165.000 pohon di beberapa wilayah di Tanah Air. Berbagai aksi penghijauan ini bekerjasama dengan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM), lembaga pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, dan Main Dealer Honda di Indonesia.

Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengungkapkan perusahaaan berkomitmen secara berkesinambungan menjalankan tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat Indonesia, khususnya terkait pelestarian lingkungan hidup.

“Kegiatan penghijauan ini merupakan bukti komitmen kami dalam usaha terus menghijaukan bumi Indonesia demi langit biru dan lingkungan hijau untuk generasi penerus kita,” ujarnya.

Sepanjang empat bulan pertama tahun ini, AHM telah melakukan beberapa kegiatan penghijauan, antara lain penanaman 10.000 pohon di sekitar Kota Blora, penghijauan jalur tol Tangerang-Merak dengan menanam 3.000 pohon, mengembangkan taman kota Magelang dengan penanaman 1.000 pohon.

Selain itu, AHM juga melakukan aksi penghijauan bersama Komunitas Peduli Ciliwung dengan menanam 8.255 pohon di sekitar Kali Ciliwung, menggelar program Ecopesantren Daarut Tauhid, Bandung dengan menanam 1.450 pohon, serta pencanangan Kalibaru Bersih, Kramat Jati dengan menanam 1.000 pohon.

Di samping itu juga terdapat kegiatan penghijauan dalam bentuk penanaman 820 pohon di bantaran sungai dan danau seperti bantaran sungai Cikeas sebanyak 300 pohon, penghijauan lahan di Leuwiliang 300 pohon, penghijauan area danau Sunter sebanyak 100 pohon, dan 120 pohon di Tangerang. Selain itu terdapat juga penanaman pohon oleh anak muda Indonesia melalui program Pelopor Cinta di sekolah-sekolah di beberapa kota di Indonesia sebanyak 100 pohon.

“Dalam waktu dekat AHM juga akan mendukung program penghijauan di wilayah lainnya seperti di Gunung Kidul, Yogyakarta dengan menanam 110.000 pohon dan penanaman 55.000 pohon di Gunung Halimun, Sukabumi,” ungkap Kristanto.

Jenis pohon yang ditanam meliputi pohon-pohon pelindung (trembesi, sengon, jati, akasia, angsana), pohon buah-buahan dan obat (kelapa, sukun, nangka, alpokat, rambutan, kayu putih), juga pohon-pohon langka (ketapang, tanjung, bungur).