0
726

Yayasan AHM dan Alumni IATSS Kampanye Safety Riding di Usia Dini

GILAMOTOR.com, Jakarta. — Isu masalah keselamatan berkendara tak akan pernah habisnya digaungkan oleh seluruh kalangan. Dan penanaman kesadaran keselamatan berkendara pun terus dilakukan pada anak usia dini.

Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) bekerja sama dengan alumni International Association of Traffic and Safety Science (IATSS) serta Mitra Selamat di Jalan Yogyakarta, mengadakan kampanye safety riding pada anak usia dini dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan keselamatan lalu lintas untuk Guru Taman Kanak-kanak (TK) di Temanggung.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 28 April 2012 yang diikuti oleh 100 guru TK dari wilayah Temanggung, Jawa Tengah. Para guru TK peserta kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan kesadaran berlalu lintas yang baik dan aman pada murid-murid mereka yang tergolong anak usia dini.

Pendidikan dan pelatihan keselamatan lalu lintas ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan kampanye safety riding yang digalakkan Honda dalam rangka mengimplementasikan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsiblity).

“Kebiasaan baik harus ditanamkan sejak anak masih kecil. Karena itulah, kami mengadakan kampanye safety riding pada guru TK yang merupakan pendidik anak usia dini. Program ini merupakan bentuk nyata kepedulian AHM terhadap keselamatan berkendara,” ujar Kristanto, Wakil Ketua Yayasan AHM.

Kristanto menyatakan pemahaman terhadap rambu-rambu dan tata tertib berlalu lintas sangatlah penting karena terkait dengan keselamatan pengguna jalan lain. Dengan menanamkan cara berlalu-lintas yang baik dan aman sejak usia dini, diharapkan terbangun kesadaran tentang pentingnya memperhatikan keselamatan diri dan lingkungan saat mereka dewasa.

Sudah lebih dari 1000 orang guru TK dari berbagai kota besar di Indonesia telah mengikuti training ini sejak 2002 hingga 2012.

“Kami berharap dapat berkontribusi menyiapkan generasi baru yang sadar akan keselamatan dan keamanan lingkungan. Kami akan terus mengembangkan program ini ke kota-kota lain di seluruh Indonesia bekerjasama dengan jaringan Honda dan IATSS Alumni Indonesia.”

IATSS Forum adalah sebuah asosiasi internasional di bidang keselamatan lalu lintas yang berbasis di Jepang. Forum ini secara reguler menyelenggarakan training yang diberi nama IATSS Forum untuk para sarjana perwakilan negara-negara Asean.