1
1558

HUT ke 40, Wahana Kembangkan KTSM Honda di 40 Sekolah

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selalu menetaskan tenaga terampil yang siap terjun ke dunia industri dan usaha sesuai dengan jurusan dan kurikulumnya. Karena para siswa dididik lebih terfokus pada pengembangan kompetensinya.

Dan karena alasan itu pula, PT Astra Honda Motor (AHM) mengembangkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor  Honda (KTSM Honda) untuk SMK. Program tanggung jawab social perusahaan (CSR) itu merupakan bagian dari bentuk kepedulian dan dukungan Honda pada kemajuan dunia pendidikan di Tanah Air.

Program tersebut bekerja sama dengan main dealer Honda di beberapa kota yang ada di Indonesia.

“Program CSR ini merupakan upaya menjembatani pendidikan dan dunia industri. Ini sejalan dengan program Astra yang peduli pada dunia pendidikan,” papar Kristanto, Head of Corporate Communication PT AHM di sela-sela Kick Off Program Nasional KTSM Honda di SMK Kencana 1, Sungai Bambu Pol 13A, Tanjung Priok Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Untuk wilayah Jakarta dan Tangerang, AHM bekerjasama dengan main dealer Honda, PT Wahana Makmur Sejati (WMS).

Bahkan, menjelang usia ke 40 tahun pada Agustus mendatang, PT WMS akan melaksanakan program serupa di 40 sekolah wilayah Jakarta dan Tangerang.

“Wahana Makmur Sejati akan berulang tahun ke 40 pada Agustus mendatang. Dalam perayaan itu kami akan melaksanakan program bantuan ini di 40 SMK di wilayah Jakarta dan Tangerang,” ujar Robbyanto Budiman, Presiden Direktur PT WMS di Jakarta.

“Pembangunan laboratorium Honda ini membuktikan  keseriusan ATPM dan main dealer terhadap kemajuan dunia pendidikan. Itulah sebabnya sepanjang 2012 ini kami berharap dapat mewujudkan 40 laboratorium Honda di 40 sekolah di Jakarta dan Tangerang sesuai dengan usia WMS,” tambahnya.

Pengembangan KTSM Honda ini dilakukan dengan memadukan Standar Kompetensi-kompetensi Dasar (SK_KD) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi Pelatihan Mekanik Tingkat 1 (PMT 1) Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel resmi Honda (AHASS).

Materi KTSM Honda diharapkan menjadi pembelajaran tentang teknik sepeda motor bagi siswa SMK dan menerapkan kurikulum ini akan lebih terarah sebagai mekanik berkualitas.

Penulis: @Jayadi72 | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: @Jayadi72

1 COMMENT