2
733

Lorenzo Menang, Rossi Taklukkan Stoner

GILAMOTOR.com, Le Mans. – Hujan yang mengguyur sirkuit legendaris Le Mans, Perancis, membuat tontonan MotoGP musim 2012 ini berbeda dari seri-seri sebelumnya.

Bukan hanya aksi Lorenzo yang mampu melesat sejak awal di atas lintasan basah, tapi para pebalap motor 1.000 cc itu mampu membuat penonton sedikit menahan laju nafasnya saat mereka melakukan aksi saling susul.

Lepas dari tikunggan pertama setelah lampu hijau tanda balapan dimulai, Lorenzo langsung melesat melewati duo pebalap Honda, Casey Stoner dan Dani Pedrosa yang start di baris terdepan. Dengan pasti, Lorenzo terus membuat jaraknya semakin jauh dari Stoner. Bahkan memasuki lap ke 7 dia membuat jarak lebih dari 4 detik di depan Stoner. Dan dia berhasil finish terdepan dan kembali mengamankan posisi pertama klasemen sementara MotoGP 2012.

Boleh jadi, pertarungan “The Doctor” Valentino Rossi yang akhirnya mampu mempecundangi pebalap Honda, Casey Stoner di lap terakhir untuk merebut posisi kedua, menjadi aksi paling dinikmati oleh para penonton khususnya para penggemar VR 46.

Bukan hanya Stoner, duo pebalap Yamaha Tech 3 Andrea Dovizioso dan Cal Cruthclow pun menjadi korban The Doctor yang tampil sangat memukau. Seri ini pun seolah menjadi hari kembalinya The Doctor setelah melewati krisis berkepanjangan sejak membalap bersama Ducati.

Stoner yang sempat memberi perlawanan saat Rossi melewatinya dengan kembali mengamankan posisi kedua, akhirnya memilih bermain aman saat Rossi kembali melewatinya di lap terakhir dan membiarkan Rossi semakin menjauh. Kendati sesungguhnya Stoner bisa memberi perlawanan hingga akhir, namun kondisi sirkuit yang basah membuatnya lebih memilih untuk bertahan di posisi tiga.

Stoner terlihat tak mau ambil resiko untuk bertarung merebut posisi kedua. Posisi ketiga sudah sangat bagus ketimbang harus kehilangan poin jika dia terjatuh karena harus memaksakan mendorong motornya untuk mengejar Rossi.

Dani Pedrosa tampil tak bagus di seri Le Mans. Jatuhnya duo pebalap Yamaha Tech 3 saat bertarung melawan Rossi, memberi keuntungan baginya karena akhirnya dia finish di posisi keempat. Dan pendatang baru di MotoGP, Stefan Bradl finish di belakang Pedrosa.

Kendati terjatuh, Dovizioso dan Cruthclow akhirnya bisa menyelesaikan balapan walau harus puas karena finish di posisi 7 dan 8 di belakang pebalap Ducati, Nicky Hayden.

Hasil Balapan MotoGP Le Mans Perancis :
1. Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing 49m 39.743 detik
2. Valentino Rossi ITA Ducati Team 49m 49.648 detik
3. Casey Stoner AUS Repsol Honda 49m 51.041 detik
4. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda 50m 9.104 detik
5. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP 50m 12.220 detik
6. Nicky Hayden USA Ducati Team 50m 12.585 detik
7. Andrea Dovizioso ITA Monster Yamaha Tech3 50m 39.502 detik
8. Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha Tech3 50m 44.895 detik
9. Hector Barbera ESP Pramac Racing 50m 47.589 detik
10. Alvaro Bautista ESP San Carlo Honda Gresini 50m 52.936 detik
11. James Ellison GBR Paul Bird Motorsport 51m 6.406 detik
12. Mattia Pasini ITA Speed Master 51m 7.376 detik
13. Aleix Espargaro ESP Power Electronics Aspar +1 lap
14. Michele Pirro ITA San Carlo Honda Gresini +1 lap
15. Yonny Hernandez COL Avintia Blusens +1 lap
16. Ben Spies USA Yamaha Factory Racing +1 lap
17. Chris Vermeulen AUS NGM Forward Racing +2 lap
18. Ivan Silva ESP Avintia Blusens +2 lap

Tidak Finish :

Danilo Petrucci ITA Came IodaRacing
Randy De Puniet FRA Power Electronics Aspar
Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing

Penulis: @Jayadi72 | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: MotoGP

2 COMMENTS

  1. Bener2 gk bisa dipercaya apa yg q lihat di seri le mans kali ini…
    se akan kembali di era moto gpnya valentino rossi yg biasa start blkg tp finish podium (yg memang sering duel dg stoner/lorenzo) gairah menonton motoGP kali ini benar2 terbakar kembali…!!!