0
1297

AHM Catat Rekor Touring Motor Terjauh dengan Absolute Revo

GILAMOTOR.com, Manado – PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil membukukan rekor touring motor dengan jarak tempuh terjauh setelah merampungkan Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo dari Medan hingga Manado dengan jarak 6.688 Km.

Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) mencatat keberhasilan tim Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo menuntaskan perjalanan panjang melintasi tiga provinsi Sumatera, Jawa, dan Sulawesi sebagai rekor baru yaitu Touring Motor Terjauh dengan 6.688 Km. Perjalanan dimulai dari lapangan Merdeka Walk, Medan pada Jumat, 25 Mei hingga finish di Megamas Mall, Manado pada Sabtu, 16 Juni 2012.

Touring terjauh  ini menggunakan 10 unit Honda Absolute Revo dengan didukung oleh 60 riders yang berasal dari 36 klub sepeda motor Honda dari tiga pulau yang dilintasi. Mereka mengendarai Honda Absolute Revo secara bergantian menaklukkan beragam kondisi jalan dan cuaca sepanjang perjalanan.

Di Pulau Sumatera, tim Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo memulai perjalan dari Medan menuju Pekanbaru melalui Rantau Parapat kemudian melanjutkan perjalanan menuju Padang melalui Bangkinang, Kelok Sembilan, dan Bukittingi. Perjalanan berikutnya menuju Palembang melalui Solok, Muara Bungo dan Jambi, sebelum akhirnya melintasi Palembang dan mengakhiri perjalanan lintas Sumatera di Bakauheni, Lampung.

Setelah menyeberangi Selat Sunda, tim ekspedisi bertolak dari Merak, Banten menuju Jakarta kemudian ke Bandung melalui jalur Puncak dan Cipanas. Dari Bumi Parahyangan, tim Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo melanjutkan perjalanan menyusuri jalur selatan menuju Yogyakarta sebelum akhirnya melintas ke utara menuju Semarang melalui Salatiga. Dari Semarang, perjalanan dilanjutkan menyusuri jalur pantai utara hingga Rembang, kemudian melintas ke selatan melalui Jombang, Kediri, hingga Malang. Dari Kota Apel ini tim meneruskan perjalanan menuju Banyuwangi lewat Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Jember sebelum akhirnya kembali dan finish di Surabaya menggunakan rute Situbondo, Probolinggo, dan Pasuruan.

Di Pulau Sulawesi,  tim Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo memulai perjalanan dari Makasar menuju Palu menyusuri jalan penuh kelok sepanjang Mejene dan Mamuju, Ibukota Sulawesi Barat. Dari Palu, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Gorontalo sebelum akhirnya finish di Manado.

GM Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra menyatakan keberhasilan ekspedisi ini membuktikan ketangguhan Honda Absolute Revo yang didukung oleh kekompakan para rider dan tim.

“Terima kasih dan selamat kepada para rider dan tim pendukung yang telah menuntaskan touring ini dengan zero accident dan tanpa hambatan berarti selama 21 hari. Selamat atas keberhasilan mencetak rekor MURI baru. Rekor Touring Motor Terjauh dengan jarak 6.688 Km dengan menggunakan Honda Absolute Revo,” ujarnya.

Ketangguhan Honda Absolute Revo dalam ekspedisi ini tidak hanya dibuktikan dengan kemampuannya mengukir touring dengan jarak tempuh terjauh. Sebelumnya pada 8 Juni lalu, dalam rangkaian ekspedisi ini, motor bebek andalan Honda untuk segmen low end ini juga telah dicatat oleh MURI karena berhasil membuktikan ketangguhan dan durabilitas mesin EFT (Efficient & Low Friction Technology) 110 cc, 4 tak dengan terus menyala 341 jam non stop dalam rute Medan-Surabaya.

“Dua rekor baru MURI ini merupakan salah satu pengakuan dan bukti nyata atas ketangguhan Honda Absolute Revo. Rekor ini akan semakin memantapkan posisi Revo sebagai pilihan utama masyarakat untuk menemani kegiatan sehari-hari dalam mewujudkan mimpi mereka,” ujarnya.

Ekspedisi ini juga membuktikan konsumsi bahan bakar Honda Absolute Revo yang irit. Tercatat konsumsi bensin teririt dalam touring ini adalah 93.04 km/liter yang dicapai dalam rute Salatiga – Semarang dengan kondisi jalan naik turun dan kecepatan yang tidak dibatasi. Bahkan, dalam sebuah ajang adu irit di Pekanbaru, konsumsi bensin Honda Absolute Revo mampu menorehkan konsumsi BBM yang lebih irit yaitu 106,25 km per liter dengan kondisi berboncengan.

Melengkapi ketangguhan mesin dan konsumsi BBM yang hemat, Honda Absolute Revo sendiri dilengkapi 3D leg shield yang fungsional namun tetap memberi ruang kaki yang lapang. Selain itu, juga memiliki unsur utilitas dan fungsional terbaik melalui bagasi serbaguna di bawah jok berkapasitas 7 liter. Sementara fitur secure key shutter yang diaplikasikan di model ini menambah kepraktisan dan membuatnya lebih aman.

Honda Revo series tercatat sebagai model terlaris di segmen bebek low end dengan pangsa pasar 54% dengan angka penjualan sebesar 185.307 unit sepanjang Januari-Mei tahun ini. Sejak pertama kali diperkenalkan tahun 2007, model ini sudah terjual sebanyak 4.160.906 unit.

Penulis: @Jayadi72 | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: Honda