1
1258

Hong Kong Bangun 1000 Stasiun Pengisian Tenaga Kendaraan Elektrik

GILAMOTOR.com, Hong Kong. – Pemerintah Hong Kong mengumumkan akan memasang 500 stasiun pengisian tenaga listrik (Electric Vehicles Stasion) untuk kendaraan elektrik pada akhir Juni mendatang. Selain itu, dengan jumlah yang sama, EVS itu juga akan dipasang di lokasi-lokasi wisata. Sehingga totalnya menjadi 1.000 EVS.

Sekretaris keuangan pemerintah Hong Kong, Mr John Tsang, secara resmi meluncurkan EVS di taman Star Ferry pada (24/5) lalu. Setelah proses pemasangan fasilitas EVS di 18 wilayah pemerintahan Hong Kong, EVS tersebut akan beroperasi pada akhir Juni mendatang.

“Kendaraan elektrik atau motor/mobil bertenaga listrik sebagai sarana transportasi yang ramah lingkungan, menjadi popular dalam beberapa tahun terakhir. Bulan lalu, ada lebih dari 310 kendaraan elektrik di Hong Kong. Jika dibandingkan pada tahun 2010 yang hanya 74 kendaraan elektrik, peningkatan ini adalah hal yang menggembirakan,” kata Tsang.

Tsang menjelaskan bahwa mempromosikan penggunaan kendaraan electric dan EVS ini kepada publik sangat penting. Keberadaan 1.000 EVS ini tidak hanya akan mempermudah pembangunan EVS di Hong Kong di masa depan, tapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan kendaraan elektrik yang ramah lingkungan.

Selain fasilitas standar pengisian, fasilitas pengisian cepat di Hong Kong juga akan bertambah dari 5 menjadi 10 pada akhir tahun ini.

Untuk mempromosikan EVS dan kendaraan elektrik kepada masyarakatnya, pemerintah Hong Kong akan menjadi contoh melalui armada pemerintah nya. “ Saat ini ada 33 kendaraan elektrik dengan berbagai model dalam armada pemerintah. Dalam beberapa bulan mendatang 42 kendaraan elektrik tambahan akan dikirim ke beberapa departemen pemerintah untuk digunakan,” tambah Tsang.

Bahkan, Hong Kong berencana akan terus menambah armada kendaraan elektrik yang akan digunakan oleh pemerintah dan lembaga-lembaga swasta.

Penulis: @Jayadi72 | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: Motobiker

1 COMMENT