1
658

Pengganti Stoner, Antara Marquez dan Lorenzo

GILAMOTOR.com. – Honda memang tak mau terburu-buru mencari pengganti Stoner di musim 2013. Namun pebalap Moto2 asal Spanyol, Marc Marquez, digadang-gadangkan menjadi kandidat kuat pengganti Stoner di MotoGP.

Namun Marquez masih terkendala pada regulasi rookie atau pendatang baru yang tak memungkinkan dia untuk langsung menggunakan motor pabrikan. Namun demikian, Valentino Rossi yakin bahwa runner up Moto2 2011 itu akan naik ke MotoGP menggantikan Stoner yang pensiun di akhir musim 2012.

Menurut pebalap Ducati itu, selain punya sponsor besar yang mampu membeli motor dengan spesifikasi tim pabrikan MotoGP, Marquez juga punya talenta besar untuk membalap. Namun jika Dorna tetap pada regulasi yang melarang rookie membalap untuk tim pabrikan, dia bisa membalap untuk tim satelit Honda.

“Di tahun depan tidak akan mengubah banyak hal jika Marc ke MotoGP. Jika aturan rookie dihentikan dia bisa mulai balapan di tim pabrikan,” kata Rossi.

“Namun jika aturan rookie tak bisa dihentikan, Honda akan mendukungnya secara penuh dengan memberikan motor pabrikan seperti yang saya lakukan pada tahun 2000. Jadi itu bukan perbedaan besar untuk Marc,” jelas Rossi.

Senada dengan Rossi, Pedrosa juga mengatakan hal yang sama. Dia mengatakan memahami alasan di balik aturan dan berpikir tidak akan membuat banyak perbedaan bagi peluang Marquez.

“Sebagai pebalap mungkin Anda ingin langsung ke tim pabrikan, tapi aku juga memahami tim satelit ingin memiliki beberapa kesempatan untuk memiliki seorang pebalap yang baik dan mendapatkan beberapa hasil baik untuk menjaga sponsor mereka tetap senang,” kata Pedrosa.

“Jika dia berada di tim satelit dia bisa membawa tim nya sendiri dari Moto2 dan jika dia benar-benar berbakat itu bukan jadi masalah besar,” ujar Pedrosa.

Kemungkinan lain jika Marquez terganjal untuk bergabung bersama tim pabrikan Honda, Rossi mengatakan bahwa satu kemungkinan Honda dapat mencoba merayu pemimpin klasemen semantara MotoGP, Jorge Lorenzo dari Yamaha untuk menggantikan Stoner.

“Apa pun bisa terjadi untuk tahun depan, terutama setelah berita tantang pensiun Casey Stoner,” kata pebalap Ducati itu. “Mungkin terlalu dini untuk memahami dan saya pikir bahwa sekarang Jorge dan Dani secara khusus difokuskan pada balapan dan kejuaraan ini.”

“Tapi bersama-sama, aku rasa bagus untuk mereka,” cetus Rossi.

Ya, semua kemungkinan bisa saja terjadi. Dan para pebalap papan atas yang habis masa kontraknya tahun ini bisa saja pindah ke tim lain, termasuk kemungkinan kembalinya Rossi ke Honda atau Yamaha.

Penulis: @Jayadi72 | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: MotoGP

1 COMMENT

  1. Petinggi Honda ud pernah bilang bahwa Rossi ud gada kesempatan lg utk join di tim honda (kecuali tim satelit) secara ud sakit ati sama rossi.