0
1330

Safety Riding Course Bareng Forum Wartawan Otomotif

GILAMOTOR.com, Tangerang. – Di Indonesia, setiap hari jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor semakin mencemaskan. Kecelakaan tersebut menimbulkan banyak kerugian materi dan non-materi (seperti cacat hingga kematian).

Bahkan, kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan seorang kepala rumah tangga meninggal atau cacat sehingga dia tidak bisa bekerja lagi menjadi penyebab kemiskinan. Semuanya terjadi di kota-kota besar maupun kecil di Indonesia.

Populasi sepeda motor yang semakin menjamur tidak diikuti keterampilan mengemudi, pengetahuan, disiplin dan lain-lain menjadi penyebab-penyebab kecelakaan. Itulah sebabnya Forum Wartawan Otomotif (FORWOT)  menggelar Safety Riding di pelataran Lotte Mart Alam Sutera, Tangerang Selatan, pada 15 Juli 2012.

Pelatihan ini diikuti 50 peserta. Mereka terdiri dari 20 jurnalis dan 30 anggota komunitas/klub. Pelatihan berupa pemberian teori dan praktik dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) dengan chief instructor Jusri Pulubuhu.

“Penyelenggaraan ini berkaitan pula dengan musim mudik Lebaran 2012. Ratusan ribu sepeda motor diperkirakan akan menjadi alat transport para pemudik. Risikonya sangat besar, apa lagi jika mereka tidak dibekali skill dan pengetahuan yang benar dan luas mengenai berkendara,” kata EriHaryoko, KetuaUmum FORWOT.

“Kami berharap dari pelatihan ini para peserta bisa menyebarluaskan safety atau defensive riding kepada masyarakat sekaligus mengimplementasikan nya sendiri,” imbuhnya.

FORWOT Safety Riding 2012 digelar berkat dukungan dari TVS Motor Company Indonesia, Evalube, Astra Honda Motor, GMO Oil Booster, FIF (Federal International Finance), Motoritz, Garda Oto, dan Ban Zeneos.

“Sebagai produsen sepeda motor, PT TVS Motor Company Indonesia turut bertanggung jawab dalam mengampanyekan keselamatan berkendara guna terciptanya masyarakat yang peduli terhadap keselamatan berkendara,” kata Nurlida Fatmikasari, Head of Corporate Communications TVS Motor Company Indonesia.

“Dari tema yang diajukan FORWOT sangat menarik karena pemahaman terhadap antisipasi dan risikoberkendara dengan mengundang para biker dari komunitas dan media sebagai ujung tombak pemberi informasi kepada masyarakat, khususnya untuk para pengguna sepeda motor di Indonesia.”

TVS Motor sendiri pada implementasinya senantiasa melakukan kampanye safety riding kepada komunitas sepedamotornya yang dikenal TVS Motor Community (TMC) melalui gathering sesame anggota dan pengurus TMC selama ini.