0
793

Banyak Masalah, Ducati Tarik Panigale

GILAMOTOR.com, Bologna. – Ducati menarik kembali model 1199 Panigale produksi 2012-2013 karena ditemukan beberapa kesalahan produksi. Padahal sebelumnya Ducati sudah melakukan penarikan unit 1199 Panigale yang terindikasi adanya kesalahan pemasangan baut lengan ayun.

Ditemukan lima masalah pada 1199 Panigale yang akan berdampak buruk pada keselamatan berkendara.

US Rider News menyebutkan bahwa salah satu masalahnya ada pada sektor rem depan di mana baut penahan selang reservoir ditemukan bergesekan dengan master rem yang dikhawatirkan akan menimbulkan kegagalan pengereman dan beresiko pada kecelakaan.

Selain masalah rem, juga ditemukan masalah pada as lengan ayun bagian kanan dan kiri yang tidak presisi dan mengendur saat motor dipacu dalam kecepatan tinggi.

Masalah berikutnya ada pada kabel bodi yang berdekatan dengan mesin. Kondisi ini dikhawatirkan terjadinya arus pendek saat kulit kabel meleleh karena panas mesin.

Masalah lain ada pada baut steering damper Ohlins. Bagian tersebut ditemukan baut yang menyangkut dan terhubung dengan steering damper di kepala kemudi yang membuat kemudi tak bekerja maksimal.

Tak hanya itu, badan keselamatan NHTSA juga menemukan kesalahan desain pada steering damper Ohlins akibat salah perakitan yang dikhawatirkan akan membuatnya bergeser.

Akibat rangkaian masalah tersebut, Ducati menarik sekitar 2.410 unit 1199 Panigale.