Berita

Friday, 3/08/12 | 10:39 WIB

Kenali Gejala Kerusakan Fuel Pump V-Ixion

GILAMOTOR.com. – Kerusakan pompa bensin Yamaha V-Ixion kadang bisa bikin pusing. Pasalnya, gejala awalnya bisa membuat pemilik motor mengira bahwa kerusakan ada pada komponen kelistrikan, padahal bukan..

“Saya pernah ngalamain hal ini. Bahkan saya sudah bongkar semua bagian, sampe sempat mengganti beberapa item, ehh ternyata permasalahan terletak pada pompa bensin,” ujar Angga Bawono, mahasiswa PTS di Semarang yang juga pengguna Yamaha V-Ixion.

“Gelagat awal memang tidak terdeteksi, ditandai dengan redupnya head lamp. Karena head lamp tiba-tiba redup, pastinya semua orang akan mengira masalahnya bermuara dari accu,” tambah Angga.

Selain redupnya head lamp, biasanya akan diikuti dengan kurang optimalnya beberapa perangkat yang membutuhkan aliran listrik seperti klakson, lampu sein dan lainnya. Akibat gejala ini, akan memperkuat dugaan setiap orang bahwa biang keroknya adalah accu. Alhasil, meski telah mengganti accu tetapi masalah tetap ada. Nah, hal ini pasti bakal bikin Bro en Sis stress.

Malah ada yang langsung mengganti kiprok, padahal penyakitnya masih nempel di bodi motor.

Keisengan berbuah manis manakala ide untuk mengecek pompa bensin muncul. “Baru inget, kalau bagian ini juga memerlukan aliran listrik,” ujar cowok yang emang hobby maenan prangkat listrik.

Dengan dibantu oleh Ayahnya yang juga karyawan di PT. PLN, Angga mendapati arus yang dibutuhkan oleh pompa bensin motornya mencapai 6 ampere.

“Jelas saja ngedrop, normalnya pompa bensin hanya membutuhkan daya kerja 1,2 ampere,” papar Angga setelah konsultasi dengan Yanto mekanik bengkel Kencana Motor Jl. Raya Bukit Kencana Jaya, Semarang.

Saking penasaran pengen memastikan bahwa masalah benar-benar ada pada pompa bensin, Angga sempat meminjam tangki beserta pompa bensin temannya, alhasil gejala redup hilang seketika.

“Solusinya adalah harus diganti dengan pompa bensin yang baru, paling tidak dengan pengalaman itu, pengeluaran bisa diminimalisir. Dan tentunya komponen itu harus mendapat perhatian dan perawatan khusus,” tutup Angga.

Penulis: D3ns | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: Istimewa

Gojay
Gojay

Komentari

1 2 3 10

Berita lainnya

Terbaru