0
1054

Tech 3 Tunggu Keputusan Dovi dan Cal

GILAMOTOR.com. – Teka-teki masa depan Valentino Rossi di musim 2013 sudah terpecahkan setelah Ducati dan Yamaha memberi keterangan resmi bahwa pebalap asal Italia itu akan bergabung dengan Yamaha untuk masa kontrak dua tahun.

Namun kini spekulasi baru muncul tentang masa depan dua pebalap Tech 3 Yamaha, Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow.

Setelah hengkangnya Rossi dari Ducati, nama kedua pebalap tim satelit Yamaha itu semakin kuat dikaitkan dengan kursi kosong di Ducati. Bahkan rumor yang beredar bahwa Dovi sudah menemukan kesepakatan dengan Ducati untuk menggantikan posisi Rossi.

Namun kubu Tech 3 Yamaha, pemilik dua pebalap itu saat ini justeru mengaku tak tahu menahu ikhwal rencana Dovi dan Cal untuk meninggalkan Tech 3. Justeru setelah seri Laguna Seca bulan lalu, kedua pebalap itu dikabarkan sudah membuat penawaran resmi untuk tetap membalap bersama tim milik Herve Poncharal.

“Saya belum diberitahu bahwa Andrea atau Cal meninggalkan Tech 3 pada akhir musim,” ujar Poncharal, Senin (13/8), kepada MCN.

Poncharal mengaku bingung setelah menerima banyak pertanyaan melalui telepon tentang Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow sudah menandatangani kontrak dengan Ducati.

“Itu mungkin terjadi, tetapi saya menelepon manajemennya dan mereka menjamin bahwa tidak ada keputusan akhir yang diambil, dan ketika itu terjadi, saya menjadi orang pertama yang akan tahu,” ujar Poncharal.

“Adapun Cal, saya belum berbicara dengan manajer-nya Bob Moore selama tiga atau empat hari terakhir, tetapi dalam percakapan terakhir kami dia mengatakan padaku bahwa mereka sangat tertarik untuk tinggal bersama Tech 3.”

Poncharal mengatakan bahwa tawaran yang dibuat untuk Dovizioso dan Crutchlow termasuk batas waktu bagi mereka untuk menjawab tawaran yang berakhir akhir pekan ini di balapan MotoGP Indianapolis di Amerika.

“Jika kami tak mendapat tanggapan apa-apa maka kami akan mulai berbicara dengan pihak lain,” kata Poncharal.

“Jika skenario terburuk bawah Andrea dan Cal meninggalkan Tech 3, saya ingin menjadi sebuah tim junior untuk Yamaha di mana kita dapat mengembangkan dan memelihara bakat muda untuk masa depan.” “Ini bukan permintaan Yamaha atau orang lain tapi ini lebih ke arah yang ingin saya ambil. Jika Andrea dan Cal meninggalkan kami maka saya lebih bersedia untuk mengambil dua pembalap Moto2..”

Dengan bergabungnya Marc Marquez dengan Repsol Honda dan Andrea Iannone yang dikaitkan akan bergabung dengan ‘tim junior’ Ducati, maka kekosongan kursi YZR-M1 sangat terbuka untuk pembalap Spanyol, Pol Espargaro.

Espargaro yang telah memenangi dua balapan Moto2 tahun 2012 akan menjadi pilihan menarik bagi Tech 3 dan sponsornya Monster Energy. Pebalap berusia 21 tahun itu sudah memiliki kesepakatan sponsor pribadi dengan raksasa minuman energi Amerika tersebut.

Dovizioso telah berusaha keras untuk mewujudkan keinginannya bergabung ke tim pabrikan Yamaha pada tahun 2013 dengan hasil bagus selama musim 2012. Tetapi kesempatan untuk bekerja sama dengan Jorge Lorenzo musim depan lenyap ketika Rossi menandatangani kontrak dua tahun untuk kembali ke Yamaha.

Penulis: @Jayadi72 | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: MotoGP | Sumber: MCN