8
1618

Kawasaki Z800 Imajinasi Liar Sang Desainer

GILAMOTOR.com. – 40 tahun setelah kehadiran Z, Kawasaki menjelasakan bahwa desain Z mengambil sebuah arah baru agresif. Bahkan desainer Z800 dikatakan Kawasaki diberikan kebebasan untuk mengejar ekspresi yang lebih terang tentang brand Z untuk kelas mid-size engine.

Selain desain yang sangar, Kawasaki juga menjelaskan bahwa beberapa komponen pada Z800 telah diperbaharui, seperti suspense, sasis dan kinerja mesinnya. Menurut Kawasaki, penampilan yang terkesan sengit, keras, gahar adalah kunci dari gaya desain baru yang lebih agresif.

Z800 dibekali mesin DOHC 16 katup, 806cc, 4 tak dengan digital fuel injection, 4 silinder segaris berpendingin cairan dengan transmisi 6 percepatan.

Sejak memulai debutnya pada 1972 melalui Z1, generasi Kawasaki Z terus berovulusi dengan perubahan dan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Evolusi di tiap eranya menunjukkan langkah pengembangannya menuju masa depan.

Kawasaki mengatakan, kombinasi performa, desain yang menakjubkan dan teknologi, generasi Z membawa dampak besar pada sejarah motor berperforma tinggi. “Ini adalah legenda Z”.

Di tahun 1972, legenda Z hadir dengan membawa definisi baru pada dunia sepeda motor berperforma tinggi. Selama pengembangannya, motor sport ini menyandang kode New York Steak. Huruf Z dipilih karena Z merupakan huruf terakhir dalam alphabet dan itu berarti yang paling ekstrim. Sementara angka 1 menjadi penanda sebagai nomer satu di dunia. Z1 menjadi motor produksi masal pertama yang menggunakan mesin DOHC 4 silinder yang saat itu hanya diaplikasikan pada motor balap.

Mengusung mesin 903cc, Z1 tak hanya menjadi motor tercepat di masanya. Ketahanan dan kehandalannya pun menjadi hal yang mengesankan. Tak heran penjualan Z1 sukses di pasar Amerika Utara dan Eropa yang memang menjadi targetnya. Keberhasilan itu juga sejalan dengan kesuksesan Kawasaki di lintasan balap. Dan itu menjadi penanda legenda Z hingga saat ini.
Di tahun 1977, generasi Z berkembang menjadi Z1-R. Satu tahun kemudian, kapasitas mesin Z1 membengkak menjadi 1300 cc (1.268cc) dengan nama Z1300.

Tiga tahun kemudian, Kawasaki kembali menghadirkan generasi terbaru Z1100GP yang mengambil basis dari Z1000. Z1100GP juga menjadi salah satu motor pertama di eranya yang mengaplikasi teknologi mesin injeksi. Saat itu, Kawasaki menamakan teknologi injeksinya dengan K.E.F.I (Kawasaki Electronic Fuel Injection.

Generasi Z 1000cc bertahan hingga tahun 2010 dan tentu saja dengan segenap perubahan desain dan teknologi pada tiap generasi dari tahun 1982, 2002, 2007 dan 2010.
Pada tahun 2011, Kawasaki menghadirkan Z series dengan mesin 750cc. Kawasaki pemproyeksikan neked bike Z750R itu untuk berhadapan dengan Yamaha FZ8 dan Triumph Street Triple. “Secara keseluruhan, Kawasaki Z750R ini dibuat sangat ekslusif dengan hasil yang mengesankan,” kata produsen motor yang khas dengan warna hijau nya itu.

Kini, rumor kehadiran generasi Z800 semakin kuat di saat Kawasaki Z memasuki usianya yang ke 40 tahun. Boleh jadi, Z800 akan menjadi hadiah bagi pecinta Kawasaki di perayaan 40 Z Anniversary “The Ultimate Motorcycle”.

Penulis: @Jayadi72 | Tesk Editor: @Jayadi72 | Foto-Video: Kawasaki

8 COMMENTS