0
1122

Pameran Sepeda Motor JMCS Resmi Dibuka

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 hari ini (31/10) resmi dibuka oleh Budi Dharmadi, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.

Pameran motor dan industri pendukungnya ini akan berlangsung selama lima hari sejak 31 Oktober 2012 hingga 4 November 2012 mendatang di Assembly Hall dan Main Lobby Jakarta Convention Center (JCC).

Budi Dharmadi berharap para prisipal motor membangun pusat riset dan pengembangan (RnD) nya di Indonesia dan melibatkan tenaga ahli dari Indonesia. Selain ada kolerasinya dengan peluang kerja baru, Dharmadi juga meyakini bahwa ahli rekayasa dan riset dari Indonesia tak kalah hebatnya. “Tak sedikit warga Indonesia yang bekerja di RnD perusahaan asing,” ucap Dharmadi dalam pidato pembukaan JMCS di JCC Senayan.

Saat ini pertumbuhan motor di Indonesia masih 1:5, dalam artian 1 motor biasa dipakai oleh lima orang. Sementara di beberapa negara Asia lainnya sudah 1:3 samapi 1:1. Dengan kata lain, peluang pertumbuhan industri sepeda motor Indonesia masih sangat tinggi. Dan ini akan meningkatkan pertumbuhan ekomini Indinesia.

Kali ini, pameran dua tahunan ini mengusung tema “Think Green, Act Safely”. Tingginya angka kecelakaan khususnya kecelakaan sepeda motor, mendorong penyelenggara untuk mengajak seluruh pemangku kepentingan termasuk di dalamnya para produsen sepeda motor untuk meningkatkan kesadaran dalam disiplin berlalu lintas, yang pada akhirnya dapat meningkatkan keselamatan berkendara.

Sementara itu, Ketua Umum AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) Gunadi Sinduwinata mengungkapkan harapannya bahwa JMCS bisa menjadi referensi bagi masyarakat mengenai perkembangan industri sepeda motor di Tanah Air.

“Kami berharap, melalui JMCS 2012 kita bisa menunjukkan pada masyarakat optimisme para pelaku produsen sepeda motor Indonesia untuk terus bisa meningkatkan industri ini demi kemajuan bersama,” ungkap Gunadi.

Dalam JMCS ini, beberapa pabrikan Jepang dan Eropa menghadirkan produk terbaru mereka. Honda menghadirkan All New CB150R, sebuah motor sport 150 cc yang tampil sangat sporty dan sangar. Sementara pesaingnya Yamaha menghadirkan generasi terbaru V-Ixion yang hadir manwarkan desain dan fitur terbaru.

Suzuki menghadirkan sport touring terbaru Inazuma 250 dan skutik fashion sporty Let’s. Pabrikan Jepang lainnya, Kawasaki, memajang jajaran motor-motor besar yang sporty seperti All New Ninja 250 FI, ZX650 dan jajaran motor-motor dual purposenya.

Penulis: @Jayadi72