0
1407

Safety Riding Sambil Jajal New V-Ixion Lighting

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Buat yang penasaran pengen tau gimana riding impression nya V-Ixion Lightning, datang saja ke JMCS 2012 di JCC Senayan, Jakarta.

Selain bisa mengikuti pelatihan safety riding bareng Yamaha dengan motor sport terbarunya itu, Bro en Sis juga bisa merasakan handling V-Ixion Lightning di area parkir di depan main loby JCC.

Dalam pelatihan safety riding, Yamaha menyediakan 15 unit motor termasuk Jupiter Z1, Byson, Jupiter MX, Mio J, Xeon, Fino dan Soul GT.

Pelatihan safety riding Yamaha diikuti 40 peserta. Seluruh peserta mendapatkan materi pelatihan teori dan praktik. Bagi peserta yang beruntung, bisa mendapatkan helm dari Yamaha.

”Seminar safety riding Yamaha mempresentasikan tentang bagaimana mengurangi resiko kecelakaan dengan training pengetahuan safety riding, training meningkatkan teknik berkendara dan memakai pelindung diri. Juga lima poin penting buat pengendara motor tentang perkiraan bahaya, area terlihat dan tidak terlihat, kekuatan tabrakan, riding position dan pengecekan kendaraan,” jelas Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Training pengetahuan safety riding menjelaskan mengenai strategi berkendara dengan memprediksi bahaya. Pengetahuan yang kurang, kesalahan prediksi dan kesalahan perawatan menjadi bahan ulasan dalam training pengetahuan safety riding.

Dalam training meningkatkan teknik berkendara dibahas soal mengurangi bahaya dengan teknik yang benar. Tidak hati-hati, kurangnya teknik berkendara, terlambat sehingga terburu-buru dan naik motor dianggap seperti balapan, adalah kesalahan pengendara yang harus diperbaiki. Dan paling penting juga memakai pelindung diri.

Jenis resiko yang menjadi penyebab utama kecelakaan adalah dari prakiraan (sudut tikungan, menyalip, persimpangan, anak-anak, rintangan dan kondisi lalu lintas). Lalu tergantung pada kemampuan pengereman, berbelok, menghindar dan keseimbangan. Bagaimana pikiran pengendara yang ngebut, tengah mabuk, temperamental, naik kendaraan dianggap balapan, egois, etika parkir, tidak memiliki SIM dan tidak menggunakan perlengkapan berkendara.

Lima poin penting dalam safety riding menyangkut area terlihat dan tidak terlihat wajib diperhatikan pengendara dengan baik untuk menghindari kecelakaan. Poin berikutnya kekuatan tabrakan yaitu efek dari tabrakan sehingga ditekankan menggunakan helm. Riding position adalah cara berkendara dengan aman, nyaman dan posisi yang benar. Dan pengecekan sepeda motor juga penting diperhatikan pengendara, berkaitan dengan bahan bakar, oli, rantai, mesin, rem, kopling, lampu, aki, mur dan baut.

Buat yang nggak kebagian kouta jadi peserta pelatihan safety riding, bisa melihat lebih dekat sosok V-Ixion Lightning dan merasakan handling generasi terbaru motor sport 150cc terlaris ini.

Penulis: @Jayadi72 | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: @Jayadi72