0
769

Kemungkinan Suzuki Ke MotoGP 2014

GILAMOTOR.com. – Suzuki yang keluar dari MotoGP musim 2011 karena krisis keuangan, hingga saat ini masih bekerja untuk kembali menuju MotoGP 2014.

Sejak keluar, Suzuki tetap hidup dengan laporan-laporan test motor 1000cc. Cal Crutchlow dan Rendy de Puniet dikabarkan sebagai test rider nya.

Seperti dikatakan Crashnet, bos Dorna Carmelo Ezpeleta mengatakan kepada BBC Sport bahwa Suzuki akan menguji motor nya selama musim 2013 untuk melihat kemungkinan bisa kembali ke MotoGP pada 2014.

“Mereka [Suzuki] meminta kami untuk melakukan beberapa pengujian selama musim 2013 dan jika semuanya berjalan dengan baik mungkin kita akan melihat mereka pada 2014.”

Ezpeleta sepertinya memberikan lampu hijau kepada tim pabrikan keempat di MotoGP ini. Ezpeleta mengatakan bahwa tim pabrikan adalah prioritas agar gelaran balap sekain cerah.

“Kami memiliki tiga produsen saat ini; Honda, Yamaha dan Ducati. Jika ada Suzuki kami memiliki empat. Dan itu akan sama dengan [jumlah pemasok mesin di] Formula 1, sehingga bukan masalah besar,” katanya.

“Hal utama adalah balapan jadi lebih kompetitif. Jika kita dapat melakukan itu dengan lebih banyak produsen motor maka semua akan lebih baik. Tetapi memiliki motor kompetitif adalah kuncinya.”

Sebuah kotrol ECU akan diperkenalkan untuk musim balap 2014, namun demikian tim pabrikan akan tetap diizinkan menggunakan software milik mereka.