0
3767

Norton CS1, Motor Tua Yang Masih Bisa Ngacir

GILAMOTOR.com. – Hampir jarang melihat motor lawas digunakan secara rutin dan bahkan menjadi pemenang di ajang balapan.

Nah, ini adalah salah satu motor tertua di Inggris yang masih ditunggangi secara rutin dan masih sering ikutan balap motor klasik, bahkan memenangkan balapan itu. Motor itu adalah Norton CS1.

Norton milik Ian Bain ini adalah salah satu ikon mesin 500cc yang hanya dikembangkan antara tahun 1927 dan 1929.

Sebelum tampil seperti sekarang, motor ini sesungguhnya sudah menjadi barang rongsokan yang teronggok di scrapyard. Namun ayah Bain, Geoff, punya pandangan lain pada motor rongsokan ini dan membawanya pulang dengan mendorongnya sejauh 24 km.

Kondisinya yang sudah berantakan direstorasi oleh Bain. Bagian mesin yang sebagian besar masih bekerja sempurna mendapat perbaikan dan penggantian komponen yang sudah tak bekerja normal. Sementara karburatornya dibuat ulang oleh Bain.

Produksi CS1 merupakan projek Norton untuk balap yang dirancang oleh Walter Moore.

Di eranya, Norton CS1 merupakan model baru dengan serangkaian inovasi. Bukan hanya di sektor mesin, rangkanya pun benar-benar model baru.

Bersamaan dengan kehadirannya di 1928, Norton CS1 langsung memenangi ajang balap Senior TT bersama pembalapnya Alec Bennet.

Motor ini memiliki mesin 490cc, silinder tunggal, 4 tak, dengan luaran tenaga diklaim mencapai 25 PS. Di tahun itu, Norton CS1 bisa melesat hingga kecepatan 114 km per jam.

Dan pada tahun 1929, produksi CS1 dihentikan dan digarap ulang secara total untuk menghadapi musim balap tahun 1930.

Foto: BikeExif