1
1538

Sejarah Yamaha Motor, Dulu Desainnya Mirip Motor Jerman

GILAMOTOR.com. – Awalnya adalah kisah dan akhirnya jadilah sejarah, sedaappp… Apapun di dunia ini pasti ada permulaan terjadinya. Nah, ngomong-ngomong masalah pemulaan, pabrikan motor Yamaha dulunya bernama Nippon Gaki Co. Ltd., yang didirikan pada tahun 1887 dengan produk alat musik piano dan organ. Pendirinya sendiri adalah orang Jepang asli namanya Yamaha Torakasu yang lahir pada 20 April 1851, dia anak ketiga dari keluarga Yamaha Konosuke.

Sebelum memulai bisnis pembuatan alat musik piano dan organ, Yamaha Torakasu adalah seorang astronom di jaman Dinasti Shogun Tokugawa pada pertengahan tahun 1800 an. Maklum, ayahnya adalah seorang petugas astronomi Jepang yang bertugas di era Dinasti Tokogawa di wilayah Kishu, yang sekarang jadi provinsi Wakayama, Jepang. Setiap hari ngeliat kerjaan ayahnya yang sering ngoprek perkakas astronom, lama kelamaan yah ketularan juga.

Singkat cerita, pada tahun 1888 dia berhasil memimpin perusahaan “Yamaha Fukin” sebuah perusahaan pembuat organ dan sukses dalam melakukan produksi masal. Kemudian pada tahun 1897 dia mendirikan Nippon Gaki Co. ltd., dan menjadi Presiden yang pertama di perusahaan tersebut. Senjak saat itu, nama Yamaha berhasil mewakili alat-alat musik di Jepang.

Namanya bisnis, tentunya nggak mau dong bisnisnya hanya stak di situ-situ aja. Setelah Perang Dunia II yang saat itu Jepang di luluh lantakkan oleh pasukan Amerika, Yamaha berfikir, apa yang dibutuhkan orang-orang Jepang untuk kembali bangkit dari keterpurukan. Dan yang ada di fikiran pemimpin Nipon adalah sebuah alat transportasi, dan senjak saat itu mulailah membuat motor, tepatnya pada tahun 1955.

Sejalan dengan tumbuhnya industry motor di Jepang, maka Nippon Gaki Co. Ltd., berganti nama menjadi Yamaha Motor Co. Ltd. Produk pertama Yamaha adalah YA-1 Motorcycle dengan mesin berkapasitas 125cc, 2 tak silinder tunggal. Motor itu disebut juga sebagai Akatombo atau para “Red Dragonfly”. Namanya baru memulai membuat motor, desainya mirip atau bisa dibilang menjiplak motor Jerman yang dipakai tentara sekutu. Desainnya mirip DKW RT125 buatan Jerman. Tapi seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, sepeda motor Yamaha pun terus bekembang yang sekarang di Indonesia ada Mio, MioJ, Soul GT, Jupiter Z1, Jupiter MZ, Byson, V-Ixion, Scorpio, R6, R1, V-Max dan masih banyak lagi.

Kalau pas helatan Jakarta Motorcycle Show pada awal November kemarin ada yang ngeliat sebuah motor dengan desain klasik yang keren, itulah motor produksi pertama Yamaha, Akatombo “Red Dragonfly”.

1 COMMENT

  1. Casana I was suggested this blog by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my problem. You are amazing! Thanks! your article about image1