7
4751

Kawasaki Z250, Warisan Generasi Z Series

GILAMOTOR.com. – 40 tahun lalu, tepatnya di tahun 1972, Kawasaki melakukan resolusi desain dengan menghadirkan motor sport berlebel Z1. Huruf Z dipilih karena Z merupakan huruf terakhir dalam alphabet, dan itu berarti yang paling ekstrim dan nggak akan ada lagi di atas Z. Sementara angka 1 menjadi penanda sebagai nomer satu di dunia.

Di eranya, Z1 menjadi motor produksi masal pertama yang menggunakan mesin DOHC 4 silinder yang saat itu hanya diaplikasikan pada motor balap. Sejak memulai debutnya pada 1972 melalui Z1, generasi Kawasaki Z series terus berovulusi dengan perubahan dan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Evolusi di tiap eranya menunjukkan langkah pengembangannya menuju masa depan.

Kawasaki mengatakan, kombinasi performa, desain yang menakjubkan dan teknologi, generasi Z membawa dampak besar pada sejarah motor berperforma tinggi. “Ini adalah legenda Z”.

Tahun lalu, generasi terakhir Z series hadir dengan lebel Kawasaki Z800. Kawasaki menjelasakan bahwa desain Z mengambil sebuah arah baru yang agresif. Bahkan desainer Z800 diberikan kebebasan untuk mengejar ekspresi yang lebih terang tentang brand Z untuk kelas mid-size engine. Selain desain yang sangar, Kawasaki juga menjelaskan bahwa beberapa komponen pada Z800 telah diperbaharui, seperti suspensi, sasis dan kinerja mesinnya. Menurut Kawasaki, penampilan yang terkesan sengit, keras, gahar adalah kunci dari gaya desain baru yang lebih agresif.

Kini untuk kali pertama generasi Z hadir dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, Z250. Indonesia jadi negara pertama yang mendapat produk ini. Pastinya itu gara-gara Indonesia negara paling banyak menjual Ninja 250R. Jadi ini kali kedua Indonesia dijadikan negara pertama yang mendapat produk baru Kawasaki kelas 250cc.

”Kita perlu bangga karena Kawasaki Jepang sangat terbuka kepada Indonesia untuk mengembangkan produk. Kami ingin menciptakan citra baru. Di Indonesia belum ada varian bergenre Z,” kata Freddyanto Basuki, Marketing & Advertising Dept Head Kawasaki Motor Indonesia.

Z250 diciptakan di level berbeda dari standar model naked. Gabungan antara pengerjaan bodi secara integerated dan detail yang sangat diperhatikan memastikan bahwa Z250 jadi naked bike bernilai tinggi dan jauh mengangumkan melebihi yang diharapkan. Jadi boleh dikatakan, Z250 merupakan warisan dari generasi Z series.

Secara keseluruhan, mesin Kawasaki Z250 nggak ada beda dengan Ninja 250R FI, hanya saja desain dan posisi berkendara jadi pilihan baru bagi pecinta motor keluaran Kawasaki. Z250 menggendong mesin 250cc DOHC, dua silinder, 8 katup, 4 langkah, berpendingin cairan. Mesinnya diklaim mampu mempduksi tenaga sampai 23.5 kW pada 11.000 rpm dan torsi 21.0 Nm pada 10.000 rpm. Dengan tiga pilihan warna Fiat Ebony, Candy Persimmon Red dan Pearl Stardust White Z250 dipasarkan dengan harga Rp 48.5 juta on the road Jakarta.

7 COMMENTS

  1. We surely would like for being included in this particular service on the vet university. Be sure to consider coming to your CBC campus. Even a reduced schedule could be welcomed.

  2. uJ6eaa Good day! I simply wish to give a huge thumbs up for the good data you have right here on this post. I will likely be coming back to your weblog for extra soon.

  3. I carry on listening to the rumor talk about getting free online grant applications so I have been looking around for the most excellent site to get one. Could you tell me please, where could i find some?