Berita

Tuesday, 1/01/13 | 11:51 WIB

Nyok Kite Bikin Cat Kosmik, Begini Caranya

GILAMOTOR.com. – Jika dalam ilmu astronomi, kosmik dijabarkan debu bintang atau meteor. Di kalangan modif mania ada trend cat kosmik, mirip dengan glitter. “Tapi bukan glitter, ngomongnya metalik partikel besar,” terang Joko Santoso dari MIP custom. Jika metalik regular bentuk partikel kecil yang saat disemprot tidak terlihat, tapi cat kosmik ini nampak bila terkena sinar matahari mirip glitter.

Cara bikinnya nggak sulit, hanya 35 ribu doang jika bisa mempraktekkan. Joko atau sering dipanggil Mip mau membagikan tips. Kalo pengin murah pakai bahan cat Excell dan Carlton, bahan banyak didapat di toko cat yang bertebaran di Jl Raden Saleh dan Baliwerti. “Cuman Rp 35 ribu untuk seperempat kg,” seru modifikator yaang mangkal di Jl. Prada Kali Kendal, Surabaya.

Jika ingin hasil terbaik, proses pertama pada permukaan harus bersih debu dan kotoran. Pembersihan dilakukan ampelas halus nomer 1000, tekniknya dicampur air waktu menggosok. Cara ini digunakan untuk memberikan permukaan non bubble alias gelembung sebelum diguyur cat utama.

Langkah kedua beri lapisan epoxy atau cat dasar, setelah itu dilapisi silver metalik terlebih dahulu. Silver ini berguna memantulkan atau memberikan efek glossy sebelum cat utama diguyur. Lapisan berikutnya cat kosmik, oplosan cat dan thinner perbandingan 1:2 sedikit kental agar partikel cat lebih terlihat. Setelah itu clear baru disemprot terakhir. Selamat mencoba.

Gojay
Gojay

Komentari

1 2 3 4

Berita lainnya

Terbaru