6
2892

Test Ride Xeon RC Bodi Ringan, Tambah Teknologi, Akselerasi Mantap

GILAMOTOR.com. – Yamaha kasih banyak ubahan pada Xeon 125 cc. Hasil ubahan itu menetaskan Xeon baru yang diberi embel-embel RC alias Racing Champion, buat melengkapi pesta kemenangan Yamaha di MotoGP.

Yang baru di Xeon RC nggak cuma nama dan penambahan sistem injeksi YMJET-FI doang, beberapa sensor baru juga disematkan Yamaha sebagai pendukung kerja mesin Xeon yang sudah pakai teknologi balap Yamaha, forged piston dan diasil silinder. Yamaha juga mengubah throttle bodi Xeon injeksi ini jadi lebih gede. Bodinya pun jadi lebih enteng 3 kg dibanding Xeon lawas. Alhasil, gerakan Xeon RC jadi lebih gesit.

Saat tes di sirkuit Sentul Karting kemarin (9/1), bedanya cukup terasa. Selain tarikan yang lebih gesit, handling lebih enteng, posisi berkendara juga terasa sedikit lebih racy. Keliatan dari desain baru Xeon RC, posisi stangnya sedikit lebih rendah. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh dimensi bodi yang berbeda dari Xeon lawas. Xeon RC punya bodi 5 mm lebih panjang dan lebih lebar dibanding Xeon lawas. Terus ukuran tingginya dan tinggi tempat duduk ke tanah 10 mm lebih tinggi dari Xeon lawas. Ground clearance nya juga bertambah 10 mm  dan ini yang bikin riding position berasa sedikit lebih racy dibanding Xeon lawas. Mungkin ubahan ini dibuat karena Yamaha men-differensiasi-kan produknya sebagai skutik racing.

Saat sesi tes, hujan makin demen ngodain para wartawan yang lagi ngebet pengen ngebejek gas Xeon RC di sirkuit yang banyak banget tikungannya. Walau hujan menghadang, pantang pulang sebelum tes ride dijalankan. Jadinya ngetes sambil mandi hujan.. adeeemm..

Sebelum muterin sirkuit Sentul kecil, wartawan Gilamotor.com disuruh ngelewatin parkiran mobil yang banyak kerikil dan nggak rata di belakang bangunan yang biasa buat jumpa wartawan dan podium. Udah gitu disuruh juga lewatin gundukan-gundukan macam polisi tidur buat ngerasain suspensinya. Heemmm, dibanding Xeon lawas, rebound suspensi belakang Xeon RC terasa sedikit lebih empuk. Terus disuruh lewatin cones buat slalom, papan keseimbangan, baru deh masuk sirkuit.

Ready.. Get set.. Goo…. Meski dibilang skutik racing, saat tangan kanan langsung membuka throttle lebar-lebar, suplai tenaga ke roda tetap teratur. Naiknya perlahan tapi pasti, jadi nggak galak-galak banget. Namanya motor harian dan dijual masal, bro. Kalau mau yang langsung loncat begitu gas dipuntir, coba aja bawa ke tuner handal, pasti langsung wuuzzzzz…

Hujan nggak kelar-kelar dari pagi sampe sore, bikin banyak kolam-kolam kecil di sudut-sudut tikungan sirkuit. Dari pada nanti malu gara-gara nyium aspal alias jatuh terus foto saat jatuh disebar di facebook dan twitter oleh temen-temen wartawan lain, mending kayak Lorenzo ajah, main amaan. Dapet kecepatan puncak 65 kpj itu rasanya udah lumayan bikin jantung berasa ngilu pas ngerem sebelum masuk tikungan, takut ban kehilangan grip. Kalau sampe ngegubrak kan malu juga, bro.. hehehee

Ada sedikit hal yang ngeganjal pikiran saat ngelewatin tikungan. Sampai-sampai wartawan Gilamotor.com memperlambat motornya buat menanyakan pada test rider yang ada di belakangnya.. “Broo, bodi belakang berasa goyang atau ngebuang gak, pas nikung..?” bukannya dijawab, ehh dia malah ngebut teruss. Yasudlaahh, gass legeee..

Satu putaran selanjutnya test rider Gilamotor.com coba merasa-rasa dan mencari tahu dari mana asal goyang pinggul Xeon RC itu terasa. Apakah karena sirkuit nya yang licin sehingga ban belakang suka kehilangan traksi saat nikung terlalu miring, atau dari bodinya. Tapi.. ya sudah lahhh.. Toh gejala itu timbul saat motor diajak terlalu merebah saat menikung. Kalau nikungnya biasa-biasa aja, toh tetap terasa normal dan stabil.

Spesifikasi Xeon RC
Dimensi
PxLxT                                       : 1855 mm x 700 mm x 1070 mm

Jarak sumbu roda                : 1265 mm

Jarak terendah ke tanah     : 135 mm

Tinggi tempat duduk            : 760 mm

Berat isi                                  : 101 kg

Kapasitas tangki bensin     : 3.8 L

Mesin
Tipe                               : 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin cairan

Jumlah/posisi silinder         : Cylinder tunggal

Volume silinder                 : 124,86 cm3

Diameter x langkah           : 52,4 x 57,9 mm

Perbandingan kompresi     : 10.94 : 1

Daya maksimum               : 11,4 PS (8,4 kW) / 9000 rpm

Torsi maksimum                   : 10,4 Nm (1.06kgf.m) / 6500 rpm

Spesifikasi Xeon Lawas

Dimensi

Panjang              1850 mm

Lebar              685 mm

Tinggi              1060 mm

Tinggi Tempat Duduk    750 mm

Jarak Sumbu Roda    1250 mm

Jarak Terendah Ke Tanah    125 mm

Berat Isi      103 kg

Kapasitas Tangki       4,1 Liter

Mesin

Jenis        4 Langkah, SOHC, Berpendingin Cairan

Volume Silinder       124 cc

Jumlah / Posisi Silinder   Cylinder Tunggal / Mendatar

Diameter x Langkah       52,4 x 57,9 mm

Perbandingan Kompresi      10,9 : 1

Daya Maksimum       8,05 kW / 8500 rpm

Torsi Maksimum       10,1 Nm / 7000 rpm

6 COMMENTS

  1. mb7w4L Wow! This can be one particular of the most useful blogs We have ever arrive across on this subject. Basically Fantastic. I’m also a specialist in this topic so I can understand your hard work.