0
740

Bikin Rain Water Harvesting Bareng Yamaha Dan Universitas Atmajaya

GILAMOTOR.com. – Bro en sis belum tau kan kalau air hujan bisa diberdayakan dan dijadikan sumber air yang berkelanjutan dan permanen? Sama, bro en sis. Reporter gilamotor.com juga baru tau kalau air hujan bisa dijadikan sumber air berkelanjutan dan permanen. Atau bahasa kerennya disebut RWH atau Rain Water Harvesting (memanen air hujan).

RWH bisa dimanfaatkan untuk mengurangi penyedotan air tanah yang terus menerus. Soalnya, kalau air tanah terus disedot, permukaan tanah akan semakin turun dan terus turun. Dan ini salah satunya yang jadi penyebab datangnya banjir. Tapi di sisi lain, air bersih dan sanitasi di Indonesia tergolong masih kurang. Minimnya akses terhadap air bersih dan kurang bagusnya sanitasi dan perilaku tidak sehat masyarakat Indonesia membuat perlunya pendidikan masyarakat yang dimulai dari usia dini, sejak di sekolah dasar dan menengah.

Untuk itu, Yamaha bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan mendapat dukungan dari Pemda DKI Jakarta. Yamaha memberikan donasi sebesar Rp. 400.000.000,- yang disampaikan langsung kepada pihak Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya yang diwakili dr.M.Marcia M Direktur Utama RSAJ (Rumah Sakit Atmajaya), dr Lukas Kristanda Kepala Layanan Komunitas dan drg Liling sebagai Koordinator pembangunan RWH, dengan disaksikan bapak Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. atau yang lebih dikenal dengan Ahok.

Dana dari Yamaha itu ditujukan buat pembangunan dua Rain Water Harvesting di tiga sekolah di Kecamatan Penjaringan, kawasan Jakarta Utara, yang merupakan daerah binaan Universitas Atmajaya. Tiga sekolah tersebut adalah SDN Kapuk Muara 05 (pagi), SDN Kapuk Muara 06 (petang) dan SMPN 122 Kapuk Muara. ”Kami harapkan CSR Yamaha ini dapat membantu masyarakat dan juga adik-adik murid SD dan SMP dalam penyediaan air bersih dan sanitasi yang sehat. Kami harapkan juga ribuan perusahaan swasta di Jakarta, bisa bersama-sama berperan aktif membantu masyarakat dalam penyediaan air bersih secara RWH, sekaligus mengurangi pemakaian air tanah dan mengurangi potensi banjir,” papar Dyonisius Beti, Executive Vice President Yamaha Indonesia.

”Kegiatan CSR seperti yang dilakukan Yamaha ini sangat bagus. Saya mengajak perusahaan-perusahaan swasta lainnya untuk melakukan kegiatan positif seperti ini,” himbau Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M.

Setelah pemberian donasi ini, pekan depan dilanjutkan dengan workshop dan pembangunan RWH yang akan selesai dibangun satu bulan lamanya.