0
571

Coba Sasis Dan Elektronik Baru, Ducati Yakin Bisa Lebih Baik

GILAMOTOR.com. – Usai dapat keluhan dan masukan kalau Desmosedici GP13 nggak ada tenaganya dari Andrea Dovisiozo dan Nicky Hayden setelah sesi tes pertama MotoGP di Sepang, awal Februari kemarin, Ducati pun menjawab masukan dan keluhan mereka dengan tes privat di sirkuit Jerez, Spanyol. Tiga hari tes privat di Jerez, Ducati menjajal beberapa komponen baru yang dipakai di Desmosedici GP13. Ducati menguji sasis baru dan prangkat elektronik.

Hasil tes privat selama tiga hari itu, Ducati makin PeDe untuk menghadapi sesi tes kedua di Sepang pada akhir Februari mendatang. Setidaknya hasil tes yang dilakukan test rider Michele Pirro dan rookie tim Pramac Andrea Iannone diakui positif.

Diakui, selama tiga hari pengetesan beberapa komponen di sasis baru di “laboratorium” motor balap hasilnya positif dan mengarah ke hasil yang diharapkan. Hasil perubahan sistem elektronik pun diakui bagus. Meski nggak ada kejelasan lebih detil tentang komponen apa saja yang ditempel di sasis baru itu, tapi dipastikan Ducati siap ke sesi kedua tes MotoGP di Sepang, nanti.

Dari tes ini, lagi-lagi Ducati nggak mau mendengarkan keluhan rider nya, soalnya yang dites cuma sasis sama elektroniknya saja, padahal Dovi yang baru mencicipin Desmosedici setelah semusim bareng Yamaha Tech3 langsung bilang kalau komponen Ducati harus banyak yang diganti. Sebenarnya masalah yang dihadapi Ducati sekarang bukan hal baru. Rossi sudah lama teriak-teriak kalau banyak komponen di Desmosedici sudah nggak layak pakai, tapi malah Rossi dibilang nggak punya soul dengan motor Ducati. Darah Rossi dibilang nggak bisa menyatu dengan darah Ducati yang murni Italia.

Meski demikian, Ducati bilang kalau tes ini sukses dan sudah mengarah ke arah yang diharapkan. “Sukses tes kedua solusi ini mengindikasikan bahwa tim Ducati bekerja di jalur yang benar,” kata Ducati.

Perubahan komponen ini diminta oleh Nicky dan Dovi untuk memperbaiki kinerja Desmosedici GP13 dan untuk memperpendek jarak dengan jajaran top riders di tes resmi kedua nanti. “Untuk memperbaiki motor ini kami harus bekerja di setiap area,” kata Dovi usai sesi tes pertama lalu.

Semoga saja perubahan ini bisa membawa Nicky dan Dovi jadi lebih dekat dengan pembalap Honda dan Yamaha. Kalau masih nggak ngudak, gimana..? Ya komplain lagi aja..