3
1446

YSRS, Anak-anak Naik Yamaha PW 50 cc dan TTR 50 cc

GILAMOTOR.com. – Yang satu ini bisa jadi kawan yang luar biasa tapi bisa juga jadi lawan yang sangat luar bisa. Dia bisa membuat orang sangat sukses tapi dia juga bisa membuat orang sangat susah. Mau tau siapa dia.? Dia adalah “kebiasaan”. Kalau sudah biasa melakukan hal baik, pasti akan menghasilkan hal baik, kalau biasa melakukan hal buruk pasti hasilnya akan lebih buruh. Nggak percaya.? Coba aja sendiri. Hehehee.

Untuk membiasakan pengendara berkendara aman dan selamat, Yamaha melakukan penanaman karakter itu kepada anak sejak usia dini. Seperti di paragraph pertama tadi, kalau dari kecil sudah terbiasa melakukan hal baik, ke depannya akan terbiasa melakukan hal baik pula. Makanya Yamaha coba menanamkan kesadaran safety riding kepada anak usia dini melalui program yang sudah lama dijalankan, Yamaha Riding Academy (YRA). Jadi YRA nggak fokus pada kalangan dewasa aja, tapi juga anak-anak, namanya Yamaha Safety Riding Science Kids (YSRS).

Kalau sejak kecil sudah ditanamkan bagaimana berkendara aman dan selamat, diharapkan saat besar nanti mereka berkendara nggak seruntulan kayak ente. Hehehehee. Dalam pelaksanaannya, Yamaha nggak langsung menjejalkan anak-anak ini dengan materi keselamatan berkendara, tapi dimulai dari fitrahnya anak-anak yang doyan bermain. Layaknya taman bermain, Yamaha pun ajak anak-anak itu dengan lomba permainan mewarnai gambar. Belajar sambil bermain.

Acaranya berlangsung di Taman Lalu Lintas Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Minggu 24 Februari 2013 kemarin. Sebanyak 100 peserta anak-anak dari SD Islam Al Ma’ruf Cibubur, SDN Cibubur 05 Pagi dan SDN Mekar Sari 5 Cibubur ikutan YSRS Kids. Mereka diajari teori safety riding guna mengantisipasi kecelakaan di jalan raya yang kerap diakibatkan kelalaian pengendara motor. Dengan begitu, saat sudah dewasa dan mengantongi ijin berkendara, mereka sudah paham. YSRS Kids di antaranya mengenalkan teori dan fungsi pengereman yang benar, fungsi dan penggunaan helm serta item-item perlengkapan safety gear lewat simulasi menggunakan motor Yamaha PW 50 cc dan TTR 50 cc.

“ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) punya tanggung jawab kepada masyarakat dan calon pengguna motor seperti anak-anak ini tentang safety riding. Mereka jadi punya pengalaman mengenal motor dan safety riding lewat kegiatan ini. Tahu bedanya naik motor dan naik sepeda,” papar Saeful Anwar, Supervisor Safety Riding Yamaha Indonesia.

Teori dan praktek YSRS Kids juga diajarkan kepada perwakilan Yamaha area dari Bandung, Jambi, Kediri, Bali, Medan, Palembang, Makassar, Surabaya dan Pontianak. Instruktur pengajarnya dari Yamaha Head Office dan selanjutnya perwakilan Yamaha area dapat mempraktekannya di wilayah masing-masing. YSRS Kids ini akan menjadi agenda wajib di setiap event Yamaha yang disesuaikan dengan kondisi lokasi acara.

3 COMMENTS