0
614

Indoprix 2013: Jupiter Z1 Injeksi Kenceng Di IP 125 Race I, Sudarmono Juara

GILAMOTOR.com. – Panas matahari di sirkuit Sentul Gokart hari ini, Minggu 17 Maret 2013 menyengat ubun-ubun, tapi demi pembaca Gilamotor.com, wartawan Gilamotor.com rela panas-panasan dan jadi pembalap juga, tapi bukan pembalap motor, alias pemuda berbadan gelap. Hehehe.. Okeh, setelah race pertama IP 110cc dikuasai oleh Yamaha dengan Jupiter Z1 injeksi dan pembalapnya Sudarmono dari Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya yang mengamankan podium pertama, IP 125 race pertama kembali diamankan pembalap asal Yogyakarta ini.

Awal-awal balapan, pembalap wild card tim Pertamina Enduro BTR Nissin memimpin jalannya balapan. Pembalap berjuluk Crazy Harlan ini dengan PeDe nya melibas tikungan demi tikungan sirkuit Sentul Gokart ini. Sayang, dominasi Harlan tak bertahan lama, pembalap Jawa Barat Anggi Permana berhasil menggusurnya dari posisi terdepan. Bahkan posisi Crazy Harlan pun kembali tergusur ke posisi 3 setelah Sudarmono melewatinya.

Momon sebenarnya nggak terlalu memaksakan untuk melewati Harlan, karena doi tau performa Jupiter Z1 injeksinya top mar kotop. Selain itu, Momon juga nggak mau ambil resiko kalau memaksakan melewati pembalap di depannya, soalnya kalau memaksakan beresiko bagi tim Yamaha. “Saya nggak mau memaksakan soalnya dua pembalap di depan pembalap Yamaha semua. Dari pada terjadi hal yang tak diinginkan seperti terjatuh, yang rugi tim Yamaha juga, makanya saya mantau dari belakang sambil nunggu kesempatan,” aku Momon.

Momon mengaku performa Jupiter Z1 injeksi nya lebih mantap dibanding Jupiter Z karburator yang pernah doi geber. “Tenaga nggak pernah ngedrop di semua rpm, tenaga dapet terus, jadi masuk dan keluar tikungan nggak perlu takut main bukaan gas. Beda dengan versi karburator yang harus nahan di rpm tertentu biar tenaga nggak tekor saat masuk dan keluar tikungan,” beber Momon.

Momon berhasil melewati Harlan dan membayangi Anggi Permana. Anggi yang kelihatan fisiknya mulai kendur, makin diintimidasi Momon. Dan di tikungan ke 13 sirkuit Sentul Gokart, Anggi melakukan kesalahan kecil. Momon yang sudah membayangi Anggi, langsung memanfaatkan sisi sebelak kiri Anggi yang terbuka lebar. “Saya memang nggak mau maksakan, tapi saya tahu saya bisa melewati Anggi karena performa Jupiter Z1 injeksi sangat bagus. Kebetulan Anggi melakukan kesalahan kecil, jadi saya berhasil merebut posisi pertama tanpa resiko bagi saya, Anggi dan tim Yamaha,” aku Momon.

Anggi yang memang sudah kewalahan fisiknya akhirnya menyerah juga dari Harlan. Harlan berhasil melewatinya di beberapa lap menjelang usai. Posisi ini bertahan hingga akhir balapan. Eh iya, Sudarmono juga berhasil overlap pembalap juru kunci bernomer 31 yang juga pakai motor Yamaha Jupiter, tapi masih karbu, namanya KeisukeMaeda.