Berita

Wednesday, 20/03/13 | 15:31 WIB

New Honda Vario 125 Dengan Idling Stop System Diluncurkan

GILAMOTOR,com. – Ini yang terbaru dari PT Astra Honda Motor (AHM) tapi ini juga jadi yang terakhir dari Yusuke Hori Presiden Direktur PT AHM untuk Indonesia, Honda New Vario CBS dengan Idling Stop System (ISS). Skutik terbaru Honda ini diluncurkan AHM di The Hall Senayan City, Jakarta Selatan, hari ini Rabu 20 Maret 2013.

Vario dengan ISS ini merupakan hadiah terakhir dari Yusuke Hori yang saat ini masih menjabat sebagai Presiden Direktur PT AHM, karena pada April mendatang, lelaki Jepang ini akan meninggalkan AHM untuk menjabat sebagai Direktur Bisnis kawasan Asia Oceania di Regional Head Quarter Asean Honda Motor. Jadi wajar dong kalau Honda Vario 125 CBS dengan ISS ini sebagai hadiah terakhir yang istimewa untuk masyarakat Indonesia dan para pecinta skutik Honda.

Idling Stop System sebenarnya bukan fitur atau teknologi baru di Honda. Karena sebelumnya teknologi ini sudah diaplikasikan Honda pada skutik premium PCX 125. Dan sekarang fitur keren tersebut disematkan di skutik Vario 125 CBS. Fitur ini akan bekerja mematikan mesin ketika motor berhenti selama tiga detik. Untuk menyalakan kembali, pengendara nggak perlu repot pencat-pencet elektrik starternya tapi cukup puntir aja tuas gasnya secara perlahan.

Dengan sistem ini, mesin Vario jelas bisa makin irit dan ramah lingkungan. Soalnya, saat mesin berhenti, ISS langsung menghentikan kerja mesinya. So nggak ada lagi bensin yang terbaka sia-sia dan emisi yang keluar dari kenalpotnya pun semakin sedikit.

Beberapa teknologi yang memang sudah ada sejak lama tetap dipertahankan seperti ESP (Enhanced Smart Power) engine. Honda menjelaskan bahwa teknologi ini membuat mesin Vario jadi lebih minim gesekan, efisiensi sistem pendingin mesin dan sistem transmisi untuk performa terbaik di kelasnya. Mesin 125cc yang digendong Vario CBS 125 dengan ISS merupakan mesin global yang dikembangkan Honda. Dengan teknologi ini akan membuat tarikan Vario jadi lebih responsive. Sementara sitem PGM-FI nya juga membuat konsumsi bahan bakar 30% lebih efisien dan emisi gas buangnya jadi lebih ramah lingkungan. Teknologi lain adalah starter ACG. Dengan teknologi ini, membuat suara mesin saat tombol starter ditekan menjadi lebih halus dan tanpa suara yang biasa terdengar pada Vario generasi lawas.

Motor ini dipasarkan dengan harga Rp 16.350.000 on the road Jakarta.

Gojay

Komentari

500 | |

Berita lainnya

Terbaru