5
4814

Yamaha TTR50 Versi Mini YZ250, Kecil Tapi Kuat

GILAMOTOR.com. – Kecil, bandel, kuat dan keren. Apakah itu..? Itu bukan keponakan ente yang baru masuk taman kanak-kanak, bro en sis. Itu motor trail mungil dari Yamaha, namanya TTR50. Yamaha menghadirkan mini trail ini untuk mengusik dominasi Honda CRF50, XR50, Z50 dan Q50 yang sama-sama kecil. Meski kecil, tapi harga motor ini lumayan tinggi. Bahkan kalau bro en sis mampir ke gerai-gerai importir umum (IU) harganya bisa sama dengan harga motor bermesin di atas 150cc.

Yamaha nggak menjual motor ini di Indonesia. Tapi Yamaha Indonesia punya untuk pelatihan safety riding anak usia dini. Kebetulan saat media gathering di Lido pada 22-24 Maret 2013 kemarin, Yamaha memboyong beberapa unit TTR50. Bodinya imut, tapi gesit. Motor ini pas buat melatih anak-anak yang memang suka riding atau yang diarahkan untuk punya keahlian balap.

Meski kecil, motor ini juga kuat membawa orang dewasa yang punya bobot di atas 80 kg tanpa masalah. Panjang mini moto ini cuma 51.4 inch dengan tinggi 31.3 inch. Nyalain mesinnya tinggal tekan tombol electric starter, nggak pakai engkol.

Yamaha jelas mendesain motor ini menjadi sangat mudah ditunggangi anak-anak karena power-nya yang kuat tapi lembut, tidak menyentak-nyentak. Dan ini akan menuntun anak kecil itu ke produk Yamaha lainnya seiring pertumbuhan sifiknya. Atau secara tidak langsung, Yamaha menancapkan brand Yamaha di hati dan otak anak-anak. Jadi saat mereka tumbuh dan ingin tenaga mesin lebih besar, mereka bisa beralih ke TTR90. Dan saat mereka semakin tumbuh, TTR125 siap menyambut mereka untuk bertualang sampai akhirnya mereka dihadapkan dengan pilihan YZ450F.

Bisa dibilang, TTR50 adalah versi mini dari YZ250, sebuah motor trail hebat. Dan itu membuat TTR50 tampak hebat meski wujudnya mini. TTR50 punya karakteristik yang sama dengan mesin Yamaha yang lebih besar dan lebih mahal. Perpindahan gir terasa halus, aliran tenaganya kuat tapi tidak meledak-ledak. Paketnya jempolan. Pas buat anak-anak.

Mesinnya 49cc SOHC 4 Tak 2 Katup berpendingin udara. Bore x stroke nya 36.0mm x 48.6mm dengan perbandingan kompresi 9.5:1. Tenaganya dialirkan ke ban melalui transmisi kopling otomatis 3 percepatan.

5 COMMENTS

  1. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ
    absen dl baru baca
    Sent from my BerryBerry® via Bolo Konco Network

  2. I know this is off-topic.But I’ve something to share.Some tips to increase Facebook likes 1) Try to add friends on your niche community 2)Try to share some unique images and post 3) Try to comment on other status/post/comment/video 4) post regularly photos / videos & content based on your niche 5) Join related pages and group and be active there.You can get more Facebook tips :- http://socialeum.com