3
3768

Ducati 2WV 3000cc, Ini Spesifikasinya

GILAMOTOR.com. – Kemarin sudah diberitakan kalau Volkswagen sedang mengembangkan Ducati bermesin hybrid 3.000cc segaris 4 silinder. Projek ambisius perusahaan mobil itu akan memberi kesempatan penggila kecepatan melaju di atas motor dengan  kecepatan 450 km/jam di lintasan rahasia milik Volkswagen.

Mesin itu diklaim bisa memuntahkan tenaga hingga 501 BHP dan torsi hingga 750 Nm yang ditransfer ke roda melalui gearbox otomatis 10 percepatan. Karena motor ini terlalu cepat bagi manusia jika harus menggunakan transmisi manual.

Yang jadi masalah adalah tenaga yang besar akan membuat roda depan sangat mudah terangkat saat berakselerasi. Tapi tidak juga, karena VW sudah memperhitungkan masalah itu dengan mencangkokkan system anti wheelie. Selain itu, motor ini mengaplikasikasi penggerak all-wheel drive dengan pembagian rasio tenaga 35:65. Roda belakang digerakkan oleh mesin konvensional sementara mesin hybridnya betugas menggelindingkan roda depan. Pendistribusian tenaga ke roda depan dan belakang diatur oleh hub motor elektrik yang bekerja melalui tenaga mesin.

Untuk meningkatkan stabilitas, Ducati konsep berlebel 2WV (2-wheeled Veyron) itu akan mengaplikasi wheelbase yang lebih panjang dengan mengembangkan sasis monokok milik Audi.

Masalah tak selesai sampai di situ. Bising mesin dan angin saat melesat di kecepatan tinggi akan menimbulkan masalah bagi pengendara. Karena itu VW juga mengembangkan helm berbahan titanium yang dapat me-reduce nya hingga 30 persen. Helm itu dikembangkan bekerjasama dengan AGV. Lalu masalah ban. Putaran roda yang terlalu cepat akan membuat tekanan di dalam rongga ban semakin kuat dan panas. Pirelli jadi solusinya. Ban itu diklaim sanggup digunakan hingga kecepatan 600 kpj.

Bobotnya yang mencapai 281 kg akan menimbulkan gaya inersia yang sangat besar saat motor melaju di kecepatan puncaknya. System pengereman pun dikembangkan untuk membantu memperlambat putaran roda. WV membenamban beberapa teknologi pengereman dan pengendalian yang biasa digunakan pada mobil seperti BS, EBD, Intelligent Emergency Braking, Cornering Brake Control, Panic Braking Control. Kemudian fitur lainnya adalah TCS, Dynamic Stability Control, Electronic Traction Control dan Adaptive damping air suspension.

Para pemilik Ducati akan mendapatkan kesempatan memacu motornya dua kali dalam setahun di trek rahasia milik VW di Jerman. Hayabusa, Dodge Tomahowk dan MTT Y2K patut khawatir dengan kehadiran motor paling gila ini.

3 COMMENTS