38
3829

Fitur ISS Juga Bisa Dipasang Di Semua Skutik Honda, Ini Caranya

GILAMOTOR.com. – Fitur Idling Stop System (ISS) yang sebelumnya hanya ada pada skutik premium Honda, kini hadir di kelas menengah. Langkah awal, PT Astra Honda Motor (AHM) menyematkan fitur yang bisa mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti lebih dari 3 detik pada Vario Techno 125 CBS.

Dengan fitur ISS, Vario 125 diklaim lebih irit bahan bakar sampai 7 persen dibanding Vario PGM-FI. Sementara dibanding Vario karburator bisa mencapai 37 persen. Kedepan, tak menutup kemungkinan fitur pintar yang membuat konsumsi bbm dan emisi gas buang lebih sedikit ini akan ada pada skutik low-end Honda. “Tak menutup kemungkinan fitur ISS akan ada pada seluruh skutik Honda. Kita lihat dulu responnya seperti apa,” ucap Kristanto, Head Corporate Communication AHM di sela-sela Fun Riding Vario Techno 125 CBS ISS di BSD Tangerang, Rabu (10/4).

Di sisi lain, fitur pintar ini juga bisa diaplikasi pada skutik Honda lainnya yang belum mengaplikasi fitur ISS. “Bisa saja, tapi harus ada penggantian dan penambahan komponen,” jelas Sarwono Edhi, Manager Technical Training Department AHM di lokasi yang sama.

Lanjut Edhi, “Komponen yang diganti kabel bodi, Engine Control Modul (ECM), switch atau saklar dan indikator,” tambahnya. Edhi juga menjelaskan kalau komponen itu telah tersedia di bengkel-bengkel resmi Honda.

Komponen tersebut telah tersedia di bengkel-bengkel resmi Honda di Indonesia. Sayangnya, Edhi belum tau mengenai harga dan biaya penambahan komponen tersebut pada skutik Honda yang belum mengaplikasi ISS.

38 COMMENTS

  1. CoQFGp I am usually to blogging and i really respect your content. The article has actually peaks my interest. I’m going to bookmark your website and keep checking for brand spanking new information.